Indonesia MIRAH: Kolaborasi Antar Sektor Dukung Transformasi di Bidang Kesehatan

oleh

Dr. Mego Pinandito, M, Eng, selaku PLT Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN;  Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation; dr. Marhaen Hardjo M.Biomed., PhD, selaku Direktur Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia, Dekan Fakultas Kedokteran UNIBOS Makassar, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin; DR. Aditiawarman, MPH, selaku Ketua Panitia Indonesia MIRAH 2021 (Moderator), Jum’at (12/11) dalam acara virtual Prosesi Penghargaan Indonesia MIRAH (Medical Innovation and Research Award in Health) 2021.

KILASJATIM.COM, Jakarta – Unilever Indonesia bersama Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menginisiasi program Indonesia MIRAH (Medical Innovation and Research Award in Health) 2021 yang secara perdana digelar pada tahun ini.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan iklim penelitian bagi dokter dan mahasiswa kedokteran di Indonesia, sekaligus mendukung target transformasi kesehatan yang diusung pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Sebanyak 5 proposal penelitian dan 10 karya tulis ilmiah terpilih, dan berhak mendapatkan dukungan dana riset dan apresiasi, dengan total penghargaan sebesar Rp250.000.000.

Dalam kata sambutannya, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyatakan Kementerian Kesehatan menerapkan 6 pilar transformasi, dimana salah satu pilar layanan primer adalah kampanye promosi kesehatan.

” Kolaborasi dari berbagai pihak mutlak diperlukan, dalam rangka promosi kesehatan dan mempercepat pencapaian target pembagunan kesehatan di Indonesia. Tak kalah penting adalah pengendalian faktor risiko penyakit, yang tentu erat kaitannya dengan peran riset dan inovasi. Saya sangat mengapresiasi Lembaga Riset IDI dan Unilever, yang menyelenggarakan proses penghargaan Indonesia Medical Innovation Research in Health 2021. Semoga acara ini semakin memantapkan komitmen dan tekad kita untuk mencapai Indonesia emas 2045, sehingga Bangsa Indonesia dapat meraih derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” ujarnya.

Acara puncak penghargaan dan webinar digelar di momen peringatan Hari Kesehatan Nasional 12 November lalu, dengan melibatkan narasumber:
Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Menteri Kesehatan Republik Indonesia; Dr. Daeng M. Faqih, SH., MH, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia;  dan dr. Marhaen Hardjo M. Biomed., PhD, Direktur Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia.

Ainul Yaqin, Direktur Beauty and Personal Care Unilever Indonesia menyatakan, Unilever telah berada di Indonesia selama hampir 88 tahun, dan terus berkomitmen untuk mendampingi serta membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

” Sejalan dengan strategi besar kami The Unilever Compass, yaitu strategi untuk menjalankan bisnis sekaligus memberi manfaat kepada masyarakat. Untuk mendukung target transformasi kesehatan yang diusung Kementerian Kesehatan, Unilever berkolaborasi dengan Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia menginisiasi program Indonesia MIRAH 2021, yang bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan iklim penelitian dan inovasi kesehatan bagi dokter di Indonesia, termasuk pencegahan dan pengendalian COVID-19,” pungkasnya. (kj8)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *