Indonesia Best Bank Award 2020 Digelar Oleh Warta Ekonomi

oleh

 

KILASJATIM.COM, JAKARTA – Sebagai lembaga intermediasi sekaligus lembaga penghimpun dana dari masyarakat, perbankan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional. Sesuai fungsinya, perbankan memiliki peran untuk menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dana (surplus) kepada pihak yang membutuhkan dana (defisit).

Di tengah kondisi makroekonomi yang rentan bergejolak (volatile), penuh ketidakpastian (uncertain), kompleks (complex), serta ambigu (ambigous), tingkat kesehatan perbankan semakin mendapatkan perhatian serius agar risiko berdampak sistemik di masyarakat dapat diminimalisasi.

Atas dasar pemikiran tersebut, Warta Ekonomi berinisiatif memberikan penghargaan kepada lembaga perbankan yang dapat mempertahankan tingkat kesehatan kinerjanya di tengah pada situasi krisis akibat pandemi COVID19 ini. “Penghargaan bertajuk Indonesia Best Bank Award 2020 Survive the Inevitable Future ini kami persembahkan pada bank-bank yang masuk dalam kategori sangat sehat dan sehat, sembari berharap dapat lebih mendorong semangat dunia perbankan secara keseluruhan untuk dapat menjalankan kinerjanya secara maksimal guna menopang roda perekonomian nasional,” kata CEO and Chief Editor Warta Ekonomi, Muhamad Ihsan melalui siaran pers, Senin (24/8/2020).

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.16/11/PBI/2014 tentang Pengaturan dan Pengawasan Makroprudensial, risiko sistemik merupakan potensi instabilitas sebagai akibat terjadinya gangguan yang menular (contagion) pada sebagian atau seluruh sistem keuangan karena interaksi dari faktor ukuran (size), kompleksitas usaha (complexity), dan keterkaitan antar institusi dan/atau pasar keuangan (interconnectedness), serta kecenderungan perilaku yang berlebihan dari pelaku atau institusi keuangan untuk mengikuti siklus perekonomian (procyclicality). Karena itu, perbankan diharapkan dapat bekerja optimal agar dapat mencegah terjadinya resesi dengan mitigasi risiko secara terstruktur.

“Kami ucapkan selamat kepada penerima penghargaan Indonesia Best Bank Award 2020 Survive the Inevitable Future,” ujarnya. Secara total ada 82 bank yang mendapat penghargaan dengan berbagai kategori.

Beberapa bank yang menjadi pemenang adalah PT BPD Bengkulu di kategori Buku 1 Bank berpredikat “Sangat Sehat” pada Kategori BUKU 1 dengan aser di atas 5 triliun. Kemudian PT BPD Sulawesi Tenggara di Kategori BUKU 2 dengan predikat Bank Berpredikat “SEHAT” pada Kategori BUKU 2 dengan aset antara 10-20 Triliun.

Ada juga PT BPD Jawa Timur Tbk di kategori BUKU 3 Bank berpredikat “Sangat Sehat” pada kategori BUKU 3 dengan aset antara 50-100 Triliun. kj1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *