Hotel Ciputra World Surabaya Gandeng  IC School dan SMPN 12, Manfaatkan Limbah Linen

oleh -483 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya  –  Menyongsong Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni, Hotel Ciputra World Surabaya berkolaborasi dengan IC School dan SMPN 12 Surabaya mengadakan workshop shibori  pada tanggal 30 Mei 2023. Limbah sprei bekas dan pillow case bekas diubah menjadi hasil karya yang cantik dan menarik.

Selain untuk melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dari siswa-siswi SMPN 12 Surabaya dan IC School.

Dalam sambutannya Yuni Puspitasari, S. Si.,  Kepala PKBM Insan Cerdas Indonesia mengatakan,  mengambil filosofi tradisional dari Bali, ‘Tri Hita Karana’, yang berarti kunci kesejahteraan manusia yaitu harmoni dengan manusia, alam, dan Tuhan, workshop ini menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan “Kreatif Selamanya 2023.

“Workshop shibori dari bahan kain bekas ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kreatif Selamanya 2023, yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dengan cara mengolah kembali bahan bekas menjadi barang baru yang bermanfaat,” jelas Yuni.

Pada kesempatan yang sama,  Leo Arief Budiman menjelaskan cara pembuatan motif shibori.  “Shibori merupakan teknik pewarnaan dari Jepang. Berbeda dengan batik yang menggunakan lilin dalam proses pewarnaannya, shibori menggunakan teknik jumput, jimpit dan lipat lalu dicelupkan ke cairan pewarn,” jelasnya..

Sesi pembuatan kain motif shibori berjalan dengan penuh antusias dari para siswa SMPN 12 dan IC School, para guru, hingga tim Hotel Ciputra World Surabaya. Tidak sedikit pula siswa yang mencoba teknik baru dan dengan kreativitasnya mencampurkan beberapa warna untuk menghasilkan motif dan warna yang unik dan menarik.

Treti, Director of Human Resource Hotel Ciputra World Surabaya mengatakan,
Hotel menghasilkan limbah tekstil berupa sprei bekas dan pillow case. Saat ini pillow case dan sprei hotel sudah menumpuk dan hal itu menjadi salah satu hal yang harus diselesaikan.

Baca Juga :  Barista Latte Art Challenge Diikuti 32 Barista Berbagai Kota di Jawa Timur

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi yang sangat bermanfaat ini. Dibawah bimbingan Bapak Leo Arief Budiman dan bekerjasama dengan IC School dan SMPN 12 Surabaya, kami yakin kegiatan ini membawa dampak positif bagi lingkungan” ungkap Treti .

Tidak berhenti disitu saja, hasil karya siswa siswi tersebut nantinya akan di pamerkan pada acara bertajuk Kreatif Selamanya. Pameran karya dan talkshow dengan berbagai penampilan spesial diadakan pada tanggal 8-9 Juni 2023 pukul 10.00-21.00 WIB di Royal Plaza Lt. UG. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News