GIIAS 2022 Surabaya 5 Unit BIsnis Astra Financial Berikan Banyak Kemudahan Dalam Pembelian Mobil

oleh -101 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Keikutsertaan Astra Financial di Gaikindo I di esia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022 sebagai sponsor platinum sudah diperhitungkan sejak awal. Bahkan sejumlah target dalam mengumpulkan pundi pundi dan upaya memberikan pelayanan kepada konsumen termasuk bonus, kemudahan dan beragam program lainnya sudah diperhitungkan secara matang .

Di perhelatan otomotif terbesar di Indonesia tersebut, Astra Financial bersama 9 dari 14 unit bisnisnya menargetkan selama pameran berlangsung, Astra Financial dapat membukukan transaksi senilai Rp300 miliar dari layanan pembiayaan FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), dan Toyota Astra Finance (TAF). Dari sisi asuransi juga diikuti oleh Asuransi Astra dan Astra Life. Tak ketinggalan, layanan keuangan digital Astra Financial pun turut hadir memeriahkan GIIAS, yaitu AstraPay, Maucash, Moxa, dan SEVA.

Di acara GIIAS 2002 Surabaya, Astra Financial senantiasa terus mengembangkan layanannya melalui sejumlah inovasi digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sudah serba digital. Meski ada 5 unit yang siap memberikan kemudahan kepada pelanggan, namun masing masing berjalan sesuai relnya. Setiap unit bisnis Astra Financial memiliki inovasinya masing-masing dalam pengembangan layanan digital.

Di sisi lain, sebagai induk perusahaan Astra Financial mendorong inovasi digital untuk mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan kebutuhan konsumen. Empat unit pembiayaan Astra berbasis digital Seva AstraPay, Maucash, dan Moxa berkolaborasi memberikan kemudahan bertransaksi bagi pengunjung di GIIAS 2022.

Melalui kegiatan talk show yang diikuti sejumlah media, Astra Financial juga menghadirkan sejumlah kegiatan Edukasi Finansial berupa permainan yang terdapat di Booth Astra Financial. Melalui permainan tersebut, Astra Financial berbagi pesan edukatif tentang layanan keuangan dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

PT Astra Auto Digital (SEVA), platform pembelian mobil berkonsep finance first hadir dengan fitur andalan Instant Approval, Car Recommendation, dan Loan Calculator. Selain itu, SEVA juga memiliki nilai unggulan melalui dukungan jaringan terintegrasi dalam Ekosistem Astra seperti dari ACC, TAF, Asuransi Astra, dan outlet dealer rekanan SEVA.

Mengusung tagline “Jelas Dari Awal”, pengguna SEVA dapat menemukan mobil baru, memilih skema pembiayaan yang tepat, hingga melakukan transaksi pembayaran dalam satu platform digital; mudah, nyaman, dan aman.

Fitur Instant Approval SEVA membantu konsumen mendapatkan kepastian persetujuan pembiayaan kendaraan secara cepat. Konsep Financing First yang diusung SEVA membuat konsumen lebih yakin dalam memilih mobil sesuai dengan rencana finansial mereka.

Chief Executive Officer (CEO) Seva Handoko Liem mengatakan, tahun ini merupakan pertama kali SEVA mengikut ajang pameran otomotif GIIAS di Surabaya. Diharapkan kehadiran SEVA di Surabaya ke depan dapat semakin memperluas pasar otomotif di Jawa Timur, ” ujarnya seraya menambahkan, SEVA termasuk platform baru, dan saat ini kontribusi terbesar user/pasarnya masih berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yakni sebesar 70 – 80 persen.

“Kehadiran SEVA di Surabaya diharapkan bisa meningkatkan kontribusi wilayah Jatim sebagai pasar terbesar kedua. Untuk even kali ini SEVA membidik 500 – 1.000 unit pemesanan mobil (SPK), ” ujar Handoko Liem di acara Media Gathering SEVA, di Surabaya Selasa (13/9/2022)

Sementara itu di acara Astra Financial Talk, Value Chain Lead SEVA, Fandi Musjafir menjelaskan
sejak platformnya meluncur pada 30 Maret 2022, sampai Agustus 2022 perusahaan telah membiayai 3.000 unit kendaraan
mencatatkan transaksi penjualan mobil sebesar Rp4,9 triliun dengan total pengguna aplikasi mencapai 4000 user .

Selain itu Fandi juga menguraikan keunikan Seva terdapat pada fitur Instant Approval yang berbasis e-KYC yang bisa memberikan persetujuan permohonan pembiayaan kendaraan baru hanya dalam 10 menit sejak permohonan diterima dari calon customer.

“Instant approval jadi nilai keunikan Seva. Jika data-datanya lengkap e-KYC bisa memberikan instant approval dalam 10 menit. Selanjutnya, adalah proses verifikasi data mencocokan dengan KTP yang mereka serahkan. Langkah ini untuk meminimalkan gagal bayar kredit ,” kata Fandi seraya menambahkan ke depan Seva juga akan coba mengembangkan layanan multiguna agar konsumen yang membutuhkan dana bisa pakai agunan ke SEVA dan akan kita teruskan ke ACC dan TAF.

Unit lain yang tak kalah serunya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah Astra Life. Sebagai perusahaan penyedia asuransi jiwa yang telah berdiri sejak tahun 2014, Astra Life hadir untuk memberikan proteksi bagi setiap keluarga di Indonesia.

Dijabarkan Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life, Windy Riswantyo, melalui inovasi digital, Astra Life siap menjadi Life Insurance of The Future. Di sisi operasional, digitalisasi juga dilakukan oleh Astra Life seperti auto underwriting, claim online, dan layanan e-card.

“Astra Life memiliki lini bisnis yang lengkap mulai dari individu, kumpulan atau grup, serta dana pensiun (DPLK). Astra Life juga memiliki e-commerce ilovelife.co.id yang semakin diperkuat dengan kolaborasi bersama beragam mitra bisnis strategis, baik di dalam maupun di luar ekosistem Astra,” jelasnya.

Layanan lain yang diberikan Astra Life berbasis teknologi digital seperti layanan telemedisin dengan provider rekanan, layanan WhatsApp untuk menjangkau konsumen secara lebih mudah juga semakin diperkuat dengan diluncurkannya Aplikasi MyAstraLife.

” Aplikasi digital yang diluncurkan oleh Astra Life ini dapat melayani nasabah dalam genggaman, dimana nasabah bisa memanfaatkan layanan dari seluruh produk melalui berbagai fitur seperti cek polis, pengajuan klaim, informasi portofolio unit link, e-card untuk berobat di rumah sakit, hingga pencarian rumah sakit rekanan terdekat,” papar Windy Riswantyo.

Disisi operasional, digitalisasi juga dilakukan oleh Astra Life seperti auto underwriting, claim online, dan layanan e-card. Astra Life memiliki lini bisnis yang lengkap mulai dari individu, kumpulan atau grup, serta dana pensiun (DPLK).

Astra Life juga memiliki e-commerce ilovelife.co.id yang semakin diperkuat dengan kolaborasi bersama beragam mitra bisnis strategis, baik di dalam maupun di luar ekosistem Astra. Selain itu, layanan berbasis teknologi digital seperti layanan telemedisin dengan provider rekanan, layanan WhatsApp untuk menjangkau konsumen secara lebih mudah juga semakin diperkuat dengan diluncurkannya Aplikasi MyAstraLife.

“Aplikasi digital yang diluncurkan oleh Astra Life ini dapat melayani nasabah dalam genggaman, dimana nasabah bisa memanfaatkan layanan dari seluruh produk melalui berbagai fitur seperti cek polis, pengajuan klaim, informasi portofolio unit link, e-card untuk berobat di rumah sakit, hingga pencarian rumah sakit rekanan terdekat,” jelasnya.

Pada unit Astra Financial yang lain ada pada AstraPay, sebagai aplikasi pembayaran digital merupakan suatu inovasi dari Astra Financial untuk memudahkan proses pembayaran dalam ekosistem Astra maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Chief Product & Technology Officer AstraPay, Arthur Melody Purnama menyebutkan di AstraPay terdapat fitur QRIS dalam aplikasi yang juga merupakan suatu inovasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat bertransaksi di lebih dari 16 juta merchant di seluruh Indonesia.

“Kelebihan lain dalam AstraPay adalah loyalty program berupa AstraPoints dan AstraVouchers sebagai bentuk inovasi baru. AstraPay pun terus berinovasi untuk menjaring talen-talen terbaik melalui Product Trainee Development Program (PTDP) untuk memperoleh sumber daya manusia yang baik pula,” urai Arthur .

Pada unit produk Astra Financial lainnya terdapat Maucash , sebagai sebuah layanan fintech, di samping memberikan pinjaman, Maucash juga memiliki layanan Maupaylater yang memungkinkan konsumen untuk belanja sekarang dan membayar nanti.

Chief Marketing Officer Maucash – Indra Suryawan, menjelaskan
salah satu value atau uniqueness dari Maucash adalah fleksibilitas untuk seluruh pengguna dan calon penggunanya.

“MouCash menawarkan banyak produk-produk yang dikeluarkan, seperti product Mauringan XtraJumbo yang dapat memberikan pengguna pinjaman dana tunai hingga 15 juga rupiah dengan tenor cicilan hingga 18 bulan. Selain itu, pengguna juga tidak perlu merasakan kesulitan untuk mengajukan kenaikkan limit pinjaman,” kata Indra.

Dalam hal ini menurut Indra, Maucash juga selalu mendukung UMKM dengan menyalurkan pembiayaan kepada mereka pelaku bisnis.

“Salah satu produk yang akan diluncurkan Maucash dalam waktu dekat adalah MauModal, dimana Maucash dapat memberikan dana pinjaman kepada para pelku bisnis hingga 1 Milyar Rupiah, dengan tenor cicilan mulai dari 3 hingga 18 bulan,” imbuhnya.

Dengan kemajuan teknologi, Moxa memanfaatkan Big Data untuk mengoptimalkan strategi marketing dan kampanye melalui kanal digital seperti media CEO, Google Ads dan email marketing. Moxa menerapkan agile working-culture dengan mengedepankan insights-driven initiative.

“Big data Ini untuk mengkombinasikan pengalaman puluhan tahun grup bisnis Astra dengan insights dari konsumen di dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia yang bergerak dinamis.Moxa tidak hanya menyatukan nilai-nilai terbaik dari seluruh produk dan layanan Astra namun juga kolaborasi dari layanan-layanan terbaik dan berpengalaman di industri keuangan,” ulasnya.

Moxa menerapkan konsep Open API. Melalui sistem ini kami berharap dapat lebih cepat berkolaborasi dengan mitra-mitra strategis. Saat ini terdapat lebih dari 300 kerjasama open API yang dijalankan Moxa bersama para mitra. Ke depannya, secara strategis, kami akan terus menambah kerjasama ini untuk mendukung percepatan kolaborasi digital.

Transaksi Menjadi Mudah Dengan Beragam Promo di GIIAS

Pengunjung GIIAS di Surabaya benar benar mendapatkan kesempatan istimewa dari 5 unit Astra Financial, SEVA menawarkan promo untuk pengunjung yang ingin membeli mobil dengan melakukan pengajuan pembiayaan melalui ACC dan TAF secara online. Melalui fitur yang tersedia di SEVA, pengunjung dapat menggunakan Instant Approval dan menikmati benefit bunga sebesar 0,77% untuk tenor 1 tahun dan bebas biaya admin, asuransi comprehensive 1 tahun Garda Oto dari Asuransi Astra dan asuransi jiwa dari Astra Life dengan cashback hingga 2 bulan premi.

Sedangkan Astra Life juga turut memberikan promo dengan cashback sebesar 77% dari premi pertama untuk setiap pembelian Asuransi Flexi Hospital & Surgical di ilovelife.co.id dengan menggunakan kode promo GIIASHS. Pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis 2 bulan premi untuk setiap pembelian asuransi Flexi Life dengan kode promo GIIASSBY22.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke GIIAS, dengan AstraPay pengunjung dapat membeli tiket GIIAS 2022 dan mendapatkan cashback Rp.15.000. Sebagai salah satu alat pembayaran di seluruh merchant GIIAS, AstraPay juga dapat digunakan untuk pembayaran SPK dan mendapatkan cashback Rp.100.000 untuk SPK roda empat dan Rp.50.000 untuk SPK roda dua.

Tak terkecuali Maucash dengan fitur andalannya MauPaylater akan memberikan promo untuk pengunjung yang melakukan pembayaran SPK di GIIAS dengan bunga 0%. Pengajuan limit pinjaman di GIIAS, pelanggan dapat melakukan pengajuan dengan proses persetujuan tuntas dalam waktu 1 jam dan mendapatkan bonus cashback Rp.75.000.

Sebagai aplikasi wealth tech, Moxa juga memberikan penawaran spesial dimana pengunjung bisa mendapatkan diskon dan cashback untuk setiap pembelian produk asuransi dan pembukaan tabungan Permata. Diskon tersebut adalah cashback hingga 20% berupa saldo AstraPay yang dapat digunakan untuk pembelian asuransi kecelakaan Astra Life dan Asuransi Astra, cashback sebesar 77% berupa saldo AstraPay asuransi Flexi Hospital & Surgical menggunakan kode promo GIIASHS melalui aplikasi Moxa. Ada pula cashback sebesar Rp100.000 untuk pembukaan tabungan Pemata Moxaku. (kj2)

No More Posts Available.

No more pages to load.