Dinas Kominfo Gelar Sosialiasi dan Bimtek e-Pokir bagi Anggota DPRD Kota Malang

oleh
Peluncuran e-Pokir oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kominfo.

KILASJATIM.COM, Malang –  Warga Kota Malang kini semakin mudah saat ingin menyalurkan atau menyampaikan aspirasinya kepada wakilnya di parlemen, yaitu para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Hal ini sehubungan dengan diluncurkannya e-Pokir oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kominfo pada Jumat sore (27/12/2019) di Hotel Grand Palace Kota Malang.

Sosialisasi dan Bimtek e-Pokir bagi anggota DPRD Kota Malang melalui laman http://pokir.malangkota.go.id, warga dapat mengusulkan berbagai aspirasinya agar berbagai fasilitas di daerahnya yang membutuhkan perbaikan segera diperbaiki. Dari aspirasi yang disampaikan, nantinya anggota dewan akan segera mengunggahnya di laman website tersebut dan masyarakat dapat mengaksesnya setiap saat.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, melalui e-Pokir ini juga akan menjawab tantangan jaman di era 4.0 atau di era yang serta teknologi ini, serta untuk semakin memperkuat label pencanangan Kota Malang sebagai Smart City. Disisi lain, ke depan tranparansi birokrasi akan semakin baik sehingga juga akan turut memotong birokrasi yang terkesan berbelit.

“Warga dapat memantau sejauh mana progres dari aspirasi yang disampaikan dan dapat memberi saran atau kritik, ketika apa yang diusulkan kurang sesuai hasilnya. e-Pokir ini juga merupakan salah satu wujud pelayanan prima dari Pemkot Malang dan DPRD Kota Malang kepada masyarakat, sehingga akan turut mendukung suksesnya berbagai progam pembangunan,” imbuh pria berkacamata itu.

BACA JUGA: Kota Malang Pecahkan Rekor MURI Membaca Melalui Gawai  

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Dra. Tri Widyani P., M.Si. Disampaikannya e-Pokir ini adalah salah satu cara efektif dan jawaban bagi anggota dewan, saat ingin mengintensifkan komunikasinya dengan rakyat.

“Bimbingan teknis dan sosialisasi akan terus dilaksanakan jika memang memungkinkan. Akan tetapi, dari hasil sosialisasi pada hari ini, sebagian besar anggota dewan sudah dapat mengoperasikan e-Pokir dengan baik. Meski masih agak lama penerapannya, akan tetapi anggota dewan harus memahaminya terlebih dahulu,” imbuh perempuan berhijab itu.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengatakan jika e-Pokir ini sangat efektif, terutama untuk meningkatkan kinerja para wakil rakyat di parlemen yang dia pimpin. Melalui sarana ini, komunikasi antara anggota dewan dengan konstituennya akan semakin intens dan ke depan akan banyak dampak positif yang akan dirasakan.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan, seperti akan semakin membaiknya berbagai fasilitas umum, misalnya akses jalan dan jembatan karena saat kurang maksimal bisa disampaikan. “Kami sangat membutuhkan sarana seperti ini, sehingga juga akan meningkatkan pendidikan politik bagi para anggota dewan,” imbuh Made.

BACA JUGA: Jelang Nataru, TPID Kota Malang Pantau Harga dan Ketersediaan Sembako  

Usai diluncurkan dan para anggota dewan ini dilatih terkait e-Pokir, nantinya setiap anggota dewan diimbau agar menyosialisasikannya kepada para konstituen sehingga dalam pelaksanaannya berjalan baik. Para anggota dewan pun hendaknya lebih proaktif agar semua program pembangunan di Kota Malang ini terealisasi dengan baik. (hms/kj13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *