Dies Natalis ITS ke-63, Pemkot bersama DWP dan IKA ITS Jatim Gelar Khitan Massal

oleh -932 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Ikatan Alumni (IKA) ITS Jawa Timur menggelar khitan massal di Fakultas Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (8/7/2023). Dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan mewakili Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua DWP Kota Surabaya Shinta Setia, dan Rektor ITS Mochamad Ashari.

Sekda Kota Surabaya Ikhsan menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang telah mengikutkan anaknya dalam kegiatan “Khitan Massal Menuju Dies Natalis ITS ke-63” yang diselenggarakan bersama Pemkot Surabaya, DWP, dan IKA ITS Jatim. Ikhsan juga menyampaikan pesan Wali Kota Eri Cahyadi kepada para tamu undangan dan peserta yang hadir, bahwa seluruh anak di Kota Surabaya bisa melakukan khitan kapanpun, dapat melalui sekolah secara massal, atau bisa datang langsung ke Puskesmas.

“Nah, kemudian dijadwalkan, kemudian bisa langsung dilayani di Puskesmas terdekat dari rumah masing-masing. Jadi sifatnya ada yang beramai-ramai seperti ini, tetapi ada juga yang langsung ke Puskesmas,” kata Ikhsan.

Bagi anak-anak yang tercatat dalam keluarga miskin (gamis), khitan di Puskesmas akan dilayani gratis. Bahkan, anak-anak itu juga akan mendapatkan bonus uang saku dari Bangga Surabaya Peduli (BSP). “Ini adalah beberapa program yang kami laksanakan. Sehingga, apabila hari ini belum ada yang terlaksana (khitan), monggo (silahkan), akan kami layani,” ujarnya.

Di samping itu, Rektor ITS Mochamad Ashari menyampaikan, kegiatan khitan massal kali ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Dies Natalis ITS ke-63. Dalam kesempatan ini, Ashari menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Surabaya, DWP, dan seluruh jajaran IKA ITS Jatim yang terlibat dalam gebyar Dies Natalis ITS ke-63.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental Remaja, Pemkot Mojokerto Gelar Seminar Kesehatan Jiwa

“Hari ini total ada 100 peserta, 23 anak berasal dari anak-anak keluarga besar ITS, selebihnya dari masyarakat di sekitar ITS,” sebut Ashari.

Ashari menerangkan, Dies Natalis ITS ke-63 kali ini mengusung tiga hal penting. Diantaranya ITS Sehat, ITS Bersih, dan ITS Bahagia. Sedangkan khitan massal ini, masuk dalam kategori ITS Sehat. “InsyaAllah, akan kita upayakan bisa setiap tahun dapat kita laksanakan kegiatan seperti ini,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Ketua DWP Kota Surabaya Shinta Setia menambahkan, dalam kegiatan ini Pemkot Surabaya melalui DWP mengerahkan tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya. Totalnya, ada 13 dokter dan 40 perawat dari Puskesmas di sekitar ITS.

Tak hanya itu, DWP juga menyediakan fasilitas bed dan bilik dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya. Total ada 21 bed dan bilik untuk melayani khitan massal tersebut. BSP juga turut serta menyumbangkan Rp 20 juta untuk diberikan kepada anak-anak yang ikut dalam khitan massal.

“Uniknya, setelah khitan anak-anak diajak jalan-jalan berkeliling menggunakan mobil tanpa awak milik ITS. Sebelum pulang, para alumni juga membagikan bingkisan untuk orang tua dan anak-anak yang ikut dalam khitan massal ini,” pungkas Shinta. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.