Cara Aman dan Sehat Menyimpan Makanan Sisa Lebaran di Kulkas

oleh -447 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Lebaran biasanya dijadikan momen untuk masak besar dengan beragam hidangan untuk disantap bersama keluarga usai salat Ied. Tetapi terkadang makanan masih sisa karena tidak habis dalam satu waktu.

Solusinya ketika ada makanan sisa adalah menyimpan di kulkas. Menyimpan makanan sisa di kulkas memang solusi terbaik, apalagi menu-menu lebaran identik dengan yang bersantan.

Dengan menyimpannya di kulkas maka makanan sisa tidak mubazir karen, masih bisa dimakan lagi dengan cara dipanaskan. Namun, masih banyak yang belum tahu cara menyimpan makanan sisa di kulkas dan berujung tidak bisa dikonsumsi, karena basi.

Berikut ini cara menyimpan makanan sisa lebaran di kulkas seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Segera Masukkan Kulkas

Apabila makanan sudah tidak disantap lagi langsung simpan ke dalam kulkas. Suhu dingin kulkas membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan makanan.

2. Pilih Wadah yang Tepat

Perhatikan pemilihan wadah untuk menyimpan makanan di kulkas. Pastikan menggunakan wadah yang tepat, salah satunya adalah wadah yang tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi.

3. Wadah Steril

Selain memilih wadah yang tepat, memastikan wadah yang dipakai steril.

4. Jangan Terlalu Lama Menyimpan di Kulkas

Selanjutnya adalah perhatikan waktu penyimpanan makanan sisa di kulkas. Maksimal makanan sisa yang disimpan di kulkas segera dikonsumsi 2-3 hari setelah disimpan.

5. Beri Tanda Tanggal

Beri tanda tanggal pada wadah yang dipakai untuk menyimpan sisa makanan. Ini untuk mengetahui sudah berapa lama makanan disimpan di kulkas. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Yuk, Ketahui Soal Geopark Ijen sebagai Taman Bumi Dunia