6 Tempat Wisata Hits di Nganjuk Cocok Didatangi Pas Libur Lebaran 2024

oleh -4200 Dilihat

KILASJATIM.COM, Nganjuk – Nggak melulu Bali atau Jogja, wisata di Nganjuk ternyata juga punya daya tarik tersendiri. Meskipun mungkin nggak sepopuler destinasi lainnya di Jawa Timur, Nganjuk punya pesona yang bikin betah buat dikunjungi.

Salah satu hal yang bikin Nganjuk menarik adalah keindahan alamnya. Bagi yang belum tahu, di kawasan ini ada beragam obyek wisata. Misalnya di Jolotundo Edupark yang seru abis atau Gunung Wilis yang menawarkan trekking seru dan pemandangan yang luar biasa indah.

Nah, buat kamu yang sekarang sedang mudik atau libur lebaran di Nganjuk, yuk simak daftar wisata hits di Nganjuk berikut ini!

1. Jolotundo Edupark

Lokasi wisata Jolotundo Edupark ini tergolong baru, namun berhasil menarik perhatian banyak orang termasuk kalangan muda. Lokasinya sendiri ada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk dan diketahui memiliki fasilitas yang lengkap, asri, dan pastinya bikin betah. Mau foto-foto atau makan-makan bakal seru karena banyak spot yang kekininian dan ramah pengunjung.

Selain menyediakan tempat wisata dan instagramable, Jolotundo Edupark ini juga menyediakan lokasi untuk camping. Namun tidak perlu khawatir kerepotan karena semua peralatan untuk berkemah sudah disiapkan dengan harga paket sekitar Rp250 ribuan per empat orang.

2. Bukit Batu Songgong

Masih di sekitar Air Terjun Sedudo di desa Margopatut, Kecamatan Sawahan ada salah satu destinasi wisata yang gak boleh kamu lewatkan. Namanya Bukit Batu Songgong, yang memiliki panorama alam sangat indah. Berada di lereng Gunung Wilis, bukit ini menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau dengan bebatuan khas. Tak perlu khawatir akan merasa bosan, di kawasan ini juga disediakan spot-spot menarik untuk berswafoto,

Tak sekedar bukit biasa, di tempat ini banyak batu bertebaran yang ditata dengan pola tertentu bak sebuah situs kuno. Sayangnya, semua susunan batu ini bukan hasil alam. Taman batu ini memang sengaja dibuat oleh warga dan konon sudah ada sejak zaman Belanda.

Baca Juga :  Libatkan Ratusan Peserta dari Masyarakat, Festival Rujak Uleg HJKS ke-731 Digelar di Taman Surya Surabaya

Selain pemandangan hijau, udara sejuk di Bukit Batu Songgong juga bikin pengunjung yang datang betah untuk berlama-lama. Perjalanan menuju ke puncak bukit bisa ditempuh dengan naik motor, sepeda, atau trekking. Kamu bisa sekalian olahraga,

Tiket masuk yang harus ditanggung setiap pengunjung yang datang ke Bukit Batu Songgong sebesar Rp5 ribu rupiah.

3. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter.

Air Terjun Sedudo tampak memukau dengan air mengalir deras dari ketinggian sekitar 105 meter, menghasilkan suaranya yang gemuruh dan percikan air yang segar. Selain itu, panorama alam sekitarnya juga tampak indah, hijau, dan asri dengan pepohonan hijau yang rindang dan udara segar yang bikin napas lega.

Selain keindahan alamnya, Air Terjun Sedudo juga punya makna spiritual bagi masyarakat sekitar. Konon, terdapat legenda lokal yang melekat di air terjun ini, menjadikannya tak hanya tempat wisata alam biasa, tapi juga punya nilai sejarah dan kebudayaan yang kental.

Diantara mitos yang diyakini oleh para wisatawan dan sebagian masyarakat Kabupaten Nganjuk adalah mandi di air terjun Sedudo dapat membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Bukit Watu Lawang

Berada di Desa Ngliman, Bukit Watu Lawang jadi destinasi yang gak kalah keren, lho. Bertempat di lereng Gunung Wilis membuat bukit satu ini sangat memesona untuk dikunjungi. Sejauh mata memandang hanya ada pepohonan.

Selain itu, lanskap yang disuguhkan juga sangat indah, yakni perbukitan hijau yang sejuk. Tempat ini juga memiliki banyak spot untuk berswafoto, lho.

Baca Juga :  Di Hari Buruh, Pemprov Jatim Nyatakan Siap Bangun Taman Monumen Marsinah di Nganjuk

5. Waduk Putukrejo

Kalau ingin menikmati suasana damai nan tenang, kamu bisa ke Waduk Putukrejo. Bendungan ini cocok untuk kamu kunjungi jika kamu menginginkan kedamaian. Waduk ini terletak di Desa Putuk, Kecamatan Loceret.

Ada banyak fasilitas yang disediakan di kawasan ini. Ada fasilitas bermain air, seperti kapal-kapalan. Kalau mau lebih santai, kamu bisa sekadar olahraga jogging karena ada track yang telah disediakan.

Menjelang sore, pemandangan matahari tenggelam dapat kamu nikmati dengan jelas. Pemburu sunset wajib datang ke sini tepat waktu, nih!

6. Grojogan Duwur Sumbermiri

Air terjun ini memiliki pesona tersendiri dengan ketinggian sekitar 70 meter yang mengalir deras ke bawah. Ketika airnya jatuh dari ketinggian, percikan airnya yang menari-nari dan suara gemuruh airnya menciptakan suasana yang menenangkan dan memikat. Pemandangan air yang jatuh dan menyelimuti dinding tebing memberikan panorama yang sangat menawan bagi para pengunjung.

Selain keindahan air terjunnya, Grojogan Duwur Sumbermiri juga dikelilingi oleh hutan yang rimbun dan hijau. Pepohonan yang rindang serta udara segar di sekitarnya membuat suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman. Area sekitar air terjun ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk para pengunjung.Wah, ternyata seru juga ya berkunjung ke daerah yang berlokasi di Jawa Timur ini.

Selain obyek yang disebutkan di atas, masih banyak lagi lho wisata di Nganjuk yang menarik untuk dikunjungi. Kalau ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ya! (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.