Antisipasi Harga Mahal, Ini Tips Hemat Mempersiapkan Budget Saat Puasa

oleh -345 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Menjelang puasa, biasanya harga berbagai makanan pokok, lauk pauk dan sembako akan meningkat. Belakangan ini, harga beras naik drastis disusul dengan harga cabai, gula, minyak goreng yang juga melambung tinggi.

Berdasarkan Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), diketahui bahwa konsumsi makanan sehat saat puasa cenderung meningkat. Oleh sebab itu, dengan kondisi harga yang mahal, penting untuk mengetahui tips hemat di bulan puasa. Hal itu perlu dilakukan agar pengeluaran tidak boros dan tetap memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Berikut rangkuman 4 tips hemat mempersiapkan budget saat bulan puasa:

Buat Rencana Pengeluaran

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah merencanakan anggaran pengeluaran saat Ramadan. Hitung berapa pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulan. Lalu masukan ke pos-pos alokasi, pastikan untuk menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi terlebih dahulu.

Setelah itu, bagi dana untuk kebutuhan sehari-hari dan keinginan yang tidak mendesak. Pastikan untuk memenuhi dulu kebutuhan sehari-hari, jika ada dana tersisa, kamu bisa memakainya untuk memenuhi keinginan, seperti hobi, beli barang branded, hangout dan lainnya.

Buat Rencana Menu Harian

Setelah alokasi kebutuhan sehari-hari sudah dibuat, selanjutnya break down pada rencana harian. Misalnya kamu punya budget 50.000 untuk biaya makan per hari. Maka buatlah daftar menu sahur, buka puasa dan takjil yang senilai angka tersebut.

Kamu bisa pilih untuk memasak sendiri, membeli, catering, dan lainnya. Pastikan untuk tidak melebihi dari budget yang sudah ditetapkan. Jika kurang dari budget malah bisa lebih baik, karena kamu bisa menabungnya. Uang tabungan tersebut bisa digunakan untuk jajan lebih mahal atau self reward.

Baca Juga :  Hermina Optimis Target 2018 Buka 2 Rumah Sakit Tercapai

Alokasikan Dana Bukber di Luar Rumah

Jangan lupa untuk alokasikan dana bukber di luar rumah. Sebab di bulan Ramadan, momen yang biasanya akan dilakukan setiap orang. Baik yang masih muda, maupun yang sudah berkeluarga.

Kamu bisa mengatur budget sebanyak 2-3 kali dari biaya makan harian. Pastikan agar tidak berlebihan dalam membeli makanan. Selain khawatir mubazir, keuanganmu juga bisa kacau hanya karena biaya makan sehari.

Perkirakan Dana untuk Bingkisan Lebaran ke Kerabat

Hal penting lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengatur dana untuk bingkisan lebaran. Saat lebaran, kamu mungkin memberikan bingkisan lebaran pada orang tua, saudara, teman, atau yang lainnya.

Jadi pastikan budget untuk bingkisan lebaran sudah disisihkan sejak awal dan tak boleh digunakan untuk keperluan harian ataupun bukber.

Nah, itulah 4 tips menghemat pengeluaran saat bulan Ramadan. Semoga kamu bisa melancarkan ibadah Ramadan dengan lancar dan khusyu tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.