5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Libur Panjang

oleh -351 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Libur panjang lebaran 2024 sudah selesai. Saat liburan, tentunya banyak mengunjungi tempat makan yang enak. Umumnya, beberapa tempat makan pasti menyajikan makanan yang tinggi kalori dan gula. Tak heran jika setelah libur panjang bisa membuat berat badan jadi naik.

Berat badan yang naik bisa disebabkan karena konsumsi hidangan tinggi lemak dan hidangan manis yang tidak terkontrol. Sedangkan menjaga berat badan adalah hal yang penting untuk mencegah masalah kesehatan seperti hipertensi, obesitas, diabetes hingga jantung.

Jika kamu mengalami masalah tersebut, ada baiknya untuk mengetahui cara menurunkan berat badan setelah liburan panjang. Tentunya, menurunkan berat badan harus dilakukan dengan cara yang aman agar badan tetap sehat. Berikut beberapa tips atau cara menurunkan berat badan setelah libur panjang yang ampuh.

Cara Menurunkan Berat Badan setelah Liburan

1. Olahraga

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menurunkan berat badan setelah libur panjang adalah dengan berolahraga. Selain menerapkan pola makan yang sehat, kamu juga perlu rutin berolahraga agar berat badan turun. Jika tak memiliki waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah.

Salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah senam atau berjalan kaki di sekitar rumah. Coba untuk rutin berjalan kaki selama 30 menit agar berat badan tetap stabil seperti sedia kala. Selain itu, beberapa jenis olahraga lain yang efektif menurunkan berat badan adalah lari, renang atau lompat tali.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Selain berolahraga, konsumsi makanan tinggi serat juga membantu untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil, seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Baca Juga :  Terlihat Bahagia, Ternyata Armand Maulana Pernah Selingkuhi Sang Istri

Makanan berserat dapat membuat perut lebih cepat kenyang dan mempertahankan rasa kenyang tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan diri untuk makan secara berlebihan.

3. Atur Pola Makan

Cara menurunkan berat badan sehabis libur panjang selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan. Jika saat liburan mungkin pola makan tidak terkontrol, maka usai liburan kamu harus memulai atur kembali pola makan. Cara paling mudah untuk mengatur pola makan adalah dengan mengurangi porsi makan.

Apabila sebelumnya kamu mengonsumsi nasi satu piring penuh, coba untuk mengonsumsinya dalam porsi yang lebih kecil dan mengurangi interval waktu makan. Selain itu, mulai perbanyak makan buah dan sayur serta hindari camilan manis.

4. Perbanyak Minum Air

Selain konsumsi makanan, jangan lupa untuk perbanyak asupan air putih dengan cukup. Kamu bisa minum dua gelas air sebelum makan. Cara ini dapat membuat perut merasa lebih kenyang sehingga bisa mengurangi porsi makan. ­

Selain bisa membuat lebih kenyang, minum air sebelum makan juga bisa membuat tubuh lebih terhidrasi dan membuat tubuh lebih cepat membakar kalori. Apabila kamu bosan minum air putih secara terus menerus, kamu bisa membuat infused water dengan menambahkan buah segar atau rempah ke dalam air putih.

5. Tidur Cukup

Tidak hanya olahraga dan mengatur pola makan, ternyata tidur juga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan sehabis liburan. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu Anda untuk menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap terkendali.

Adapun agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, kamu harus tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari. Pasalnya kebiasaan tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak atau orang dewasa. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News