10 Film Hollywood Paling Laris di Tahun 2023

oleh -4328 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Sepanjang 2023, berbagai film ramai hilir mudik di layar bioskop. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil menjadi perbincangan seperti saat Barbie dan Oppenheimer rilis bersamaan.

Berdasarkan data Box Office Mojo pun, tahun ini terbilang tahun yang cukup baik untuk bisnis perfilman. Di pasar Amerika Utara, pendapatan tahun ini mencapai total US$8,7 miliar yang meningkat 20 persen dari 2022.

Meski begitu, hanya ada dua film tahun ini yang sanggup menembus pendapatan di atas US$1 miliar secara global. Menariknya, tidak ada satupun film tersebut berasal dari kategori superhero.

Film superhero memang terbilang lagi loyo tahun ini. Tak ada satupun film-film yang biasanya punya fan fanatik ini mendulang kesuksesan luar biasa seperti tahun-tahun sebelumnya, walaupun rilisan Marvel masih lebih berjaya dibanding DC.

Berikut hitung mundur 10 film terlaris secara global pada 2023:

10. Ant-Man and the Wasp: Quantumania

Film yang rilis pada 17 Februari 2023 ini berhasil mendapatkan box office global sebesar US$476 juta, dengan rincian US$214 juta dari pasar Amerika Utara dan US$261,5 juta dari pasar internasional.

Di pasar internasional, Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendulang cuan dari Inggris Raya dengan US$23 juta, Prancis dengan US$13 juta, dan Jerman dengan US$10 juta.

9. Elemental

Film animasi Elemental dari Disney duduk di posisi sembilan terlaris secara global pada tahun ini dengan pendapatan total mencapai US$496,3 juta, terdiri dari US$154,2 juta di pasar domestik dan US$341,8 di pasar internasional.

Di pasar internasional, Elemental berhasil menarik banyak penonton di Korea Selatan dan menghasilkan pendapatan hingga US$54,8 juta, tertinggi dari seluruh negara pasar internasional.

8. Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One

Kisah kelanjutan Ethan Hunt berhasil menempatkan film yang dibintangi Tom Cruise ini duduk di posisi ke-8 dengan perolehan US$567,5 juta, terdiri dari US$172,1 juta dari pasar domestik dan US$395,4 juta dari pasar internasional.

Baca Juga :  Harry Styles Dikabarkan Kencani Model Emily Ratajkowski

Keuntungan besar Mission: Impossible 7 ini di pasar internasional datang dari perilisan di China. Di negara tersebut, film ini meraih US$48,7 juta.

7. The Little Mermaid

The Little Mermaid yang sempat kontroversial rupanya sukses menempati 10 besar film terlaris tahun ini dengan posisi akhir di urutan ke-7.

Film yang dibintangi Halle Bailey dan Melissa McCarthy ini menghasilkan US$569 juta secara global, dengan rincian US$298 juta di pasar domestik dan US$271 juta di pasar internasional.

Film ini rupanya tidak diminati di China dengan pendapatan di sana hanya sebesar US$3,7 juta, lebih kecil dari pendapatannya di Indonesia yang mencapai US$5,2 juta.

6. Spider-Man: Across the Spider-Verse

Spider-Man: Across the Spider-Verse berhasil masuk ke jajaran film terlaris secara global pada tahun ini. Film animasi tersebut mengumpulkan US$690,5 juta secara global, terdiri dari US$381,3 juta di pasar domestik dan US$309,2 juta di pasar internasional.
Pendapatan global tersebut nyaris dua kali lipat dari perolehan sekuelnya, Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) yang memperoleh US$384,2 juta secara global dari bujet US$90 juta.

5. Fast X

Posisi lima besar film terlaris secara global tahun ini ada Fast X dari saga The Fast and The Furious. Kali ini, film yang masih dibintangi Vin Diesel itu memperoleh US$704,8 juta secara global, dengan rincian US$146,1 juta di pasar domestik dan US$558,7 juta di pasar internasional.

Perolehan Fast X tersebut turun sedikit dari perolehan prekuelnya, Fast IX yang memperoleh US$726,2 juta secara global.

4. Guardians of the Galaxy Vol. 3

Penutup saga Guardians of the Galaxy ini mendapatkan pendapatan global sebesar US$845,5 juta, dengan rincian US$358,9 juta dari pasar domestik dan US$486,5 juta dari pasar internasional.

Sebagai penutup, perolehan Guardians of the Galaxy Vol. 3 masih kalah dari prekuel yang mendulang US$863,7 juta. Padahal, film penutup saga ini lebih mahal US$50 juta dari seri kedua.

Baca Juga :  Sedih! Taylor Swift dan Sang Kekasih Dikabarkan Putus

3. Oppenheimer

Oppenheimer duduk di posisi tiga film terlaris 2023. Film biopik berbujet US$100 juta soal pencipta bom nuklir ini juga menjadi film terlaris Christopher Nolan.

Oppenheimer sukses mendulang US$952 juta, dengan rincian US$326 juta dari pasar domestik dan US$625,9 juta dari pasar internasional.

Dari pasar internasional, Inggris menjadi negara penyumbang pendapatan Oppenheimer terbesar dengan US$74 juta, lebih tinggi dari China dengan US$61,6 juta.

2. The Super Mario Bros. Movie

The Super Mario Bros. Movie merupakan film 2023 pertama yang berhasil menyentuh angka box office US$1 miliar, sebelum akhirnya digeser ke posisi dua.

Film adaptasi dari gim terkenal ini membukukan US$1,3 miliar secara global dengan rincian US$574,9 juta dari pasar domestik dan US$786,4 juta dari pasar internasional.

The Super Mario Bros. Movie berhasil mendulang cuan dari Jepang yang merupakan asal kreator gim Super Mario, Nintendo. Di negara Asia Timur tersebut, film ini mendulang US$101,9 juta.

1. Barbie

Barbie bukan hanya menjadi film paling dibahas tahun ini, tetapi juga sebagai film terlaris 2023 dengan pendapatan mencapai US$1,4 miliar, menggeser The Super Mario Bros. Movie.

Barbie berhasil mengumpulkan US$636,2 juta dari pasar domestik dan US$805,6 juta dari pasar internasional, dengan Inggris Raya menjadi negara penyumbang cuan terbesar film ini sebesar US$119 juta.

Serentetan rekor baru memang mengiringi performa Barbie sejak tayang pada pertengahan Juli 2023. Barbie mengawali performa dengan mencetak rekor sebagai film dengan debut box office terbaik tahun ini, yakni sebesar US$162 juta. (bbs/nic)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.