Selisih Harga Hanya Rp 400/liter, Shell Ingin Merebut Pasar BBM di Jatim

oleh

*Resmikan Sekaligus 4 SPBU di Sidoarjo dan Surabaya

 

SURABAYA, kilasjatim.com: – Setelah sempatenutup operasional SPBU nya di Indonesia, di awal tahun 2019 PT Shell Indonesia langsung menggebrak pasar BBM dengan sekaligus membuka 4 SPBU di Jawa Timur yang tersebar 2 di Surabaya (Jl Raya Prapen dan Jl. Yonosoewoyo) dan 2 di Sidoarjo (jl Diponegoro dan Raya Waru) secara serentak Kamis (17/01/2019).

Ditilik dari harga yang ditawarkan Shell hanya selisih Rp 400/liter dengan harga yang diberikan Pertamina. Dengan selisih harga yang tidak begitu tinggi Shell ingin merebut pasar BBM di Jawa Timur.

Wahyu Indrawanto, Direktur Retail Shell Indonesia mengatakan, kehadirannya kembali di Jawa Timur ditandai dengan pengoperasian terminal BBM Shell di Gresik dan dibukanya kembali 4 SPBU di Jatim.

“Kami senang dapat hadir kembali di Jawa Timur dan meramaikan pasar BBM
Masyarakat memiliki pilihan untuk mendapatkan bahan bakar minyak untuk kendaraannya. 4 SPBU Shell yang baru juga menghadirkan produk serta layanan berkualitas dan inovatif. Kami merencanakan untuk terus mengembangkan jaringan SPBUnya di Jawa Timur,” kata Wahyu disela peresmian SPBU Shell di Jl Yonosoewoyo Pakuwon Indah kawasan Surabaya Barat.

Dalam mengembangkan bisnis SPBU ini, Shell membuka peluang kerjas ama bagi masyarakat luas dengan menjadi penyalur BBM Shell melalui skema kemitraan.

“Kami mengajak para pengusaha baik individual atau korporasi untuk menjadi mitra Shell dalam mengembangkan bisnis ritel SPBU. Kami optimis bisnis ini dapat tumbuh lebih pesat, sebagaimana terlihat dari perkembangan jaringan yang terus kami upayakan bertumbuh cepat. Pada bulan Desember 2018 saja, Shell telah membuka enam SPBU baru yakni empat di Jawa Timur dan dua lainnya di Jabodetabek dan Jawa Barat. Melalui kemitraan kami berharap pertumbuhan SPBU di Indonesia dapat lebih cepat,” papar Wahyu.

Sementara itu, Vice President Retail Marketing Shell, Vanda Laura menambahkan, kehadiran Shell di Jawa Timur sudah mendapatkan respons positif dari masyarakat. Shell arena hadir kembali dengan memberikan produk dan layanan yang terintegrasi. Dimana masyarakat bisa mendapatkan beragam produk dan layanan melalui BBM berkualitas, dengan teknologi Dynaflex, produk pelumas untuk roda empat dan dua, serta layanan penggantian pelumas.

“Dengan dibukanya 4 SPBU Shell di Jawa Timur ini, jumlah SPBU Shell di Indonesia mencapai 94 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Sumatera Utara, serta Jawa Timur,” jelas Vanda.

Kehadiran Shell di Jawa Timur memberikan produk dan pelayanan yang terintegrasi, di mana masyarakat bisa mendapatkan beragam produk dan layanan mulai dari BBM, ketersediaan fasilitas umum seperti toilet, musala dan convenience store Shell Select dan deli2go yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan seperti kopi dan roti.

Shell juga menawarkan program loyalitas konsumen berupa Shell ClubSmart, dimana pelanggan Shell bisa menikmati beragam manfaat seperti mengumpulkan poin dari setiap pembelian BBM, produk pelumas atau produk deli2go. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan sebagai potongan harga untuk pembelian produk Shell seperti BBM, pelumas, maupun deli2go. Konsumen juga mendapatkan manfaat untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara seperti layanan darurat medis 24 jam hingga asuransi jiwa.

” Shell menghadirkan program Fleet Card bagi pelanggan korporasi untuk mengontrol transaksi pembelian BBMnya agar armada kendaraan dapat memenuhi kebutuhan BBM dengan lebih efisien. Berdasarkan data aktual, beberapa pelanggan perusahaan yang bermitra dengan Shell dapat mengurangi biaya bahan bakar lebih dari 30%,” papar Vanda.

Shell sendiri mentargetkan bisa membuka SPBU di wilayah Jawa Timur antara lima hingga tujuh unit lagi diantaranya di Malang dan Jember, yang saat ini daerahnya sedang agresif melakukan pengembangan.

Produk BBM Shell yang ada saat ini adalah Shell Super dengan harga Rp 10.600 per liter dan Shell V-Power dengan harga Rp 12.250 per liter.

Untuk BBM mesin diesel, Shell belum menyediakan, namun di SPBUtersebut telah ada selang pompa untuk jenis bio diesel.

“Kami akan ada, tapi saat ini belum. Bio Diesel kami sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, bahkan salah satu kandungan zat tertentunya rendah sekali sehingga aman untuk mesin,” urainya.

Selain itu, pelanggan juga mendapatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara seperti layanan darurat medis 24 jam hingga asuransi jiwa.

Saat ini Shell juga membuka peluang kemitraan untuk menjadi penyalur BBM Shell dengan model kerja sama kemitraan Shell tersebut masih berkisar di bawah 2 persen dari total SPBU yang dimiliki. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *