Menyambut HPN 2018, PWI Jatim Kembali Gelar Lomba Karya Tulis Berhadiah Total Rp 64 Juta

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar lomba karya tulis, foto, televisi dan radio merebutkan Piala Prapanca tahun 2018 dengan hadiah total Rp.64 juta.

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir mengatakan bahwa Pengiriman naskah dan karya jurnalistik untuk semua katagori ke panitia lomba, berlangsung mulai tanggal 10 Januari 2018 dan selambat-lambatnya 28 Februari 2018.

“Baik untuk karya tulis media cetak dan online, karya foto media cetak dan online, karya jurnalistik televisi, maupun karya jurnalistik radio. Dan karya tersebut bisa dikirim ke sekretariat PWI Jatim, di jalan Taman Apsari 15 -17 Surabaya,”kata Akhmad Munir di Surabaya, Senin (15/01/2018).

Lebih lanjut, Munir menghimbau agar karya tulis, foto, televisi dan radio yang dikirim, harus memenuhi persyaratan jurnalistik. Obyeknya terjadi di Jawa Timur maupun hasil liputan di daerah lain yang ada kaitannya dengan Jawa Timur sepanjang tahun 2017.

Dirinya yakin, banyak wartawan yang bertugas di Jatim yang mempunyai karya berkualitas untuk bisa bersaing memperebutkan Piala Prapanca tahun ini.

“Makanya, kami mengundang semua wartawan di Jatim untuk ikut serta. Karena syarat untuk mengikutinya juga mudah,” tegasnya.

Syarat peserta, lanjut Munir, adalah wartawan yang bertugas di Jatim, baik anggota PWI Jatim atau yang belum menjadi anggota PWI. Lalu karya perorangan atau kelompok/tim dengan menuliskan nama anggota kelompok/tim pada surat pengantar.

Berbahasa Indonesia, dan sudah dimuat. Serta ditayangkan atau disiarkan antara 1 Januari hingga 31 Desember 2017 di media massa berbadan hukum.

Untuk karya tulis, dikirim dalam bentuk kliping yang ditempel di atas kertas ukuran folio, disertai tiga fotokopi serta mencantumkan nama penerbitan, hari/tanggal, halaman dan kode/nama penulis.

Sedangkan karya foto hitam-putih atau berwarna dengan ukuran sisi terpendek 18 cm atau 10 R, disertai fotokopi bukti pemuatan karya tersebut.

Lalu untuk karya jurnalistik televisi katagori feature dengan durasi 5-15 menit, dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis dengan pencantuman program, hari, tanggal dan jam penayangannya.

Sementara karya jurnalistik radio kategori feature dengan durasi 5-15 menit, yang dikirimkan dalam bentuk CD 3 keping dan naskahnya secara tertulis serta mencantumkan, program, hari, tanggal dan jam penyiarannya.

“Setiap peserta hanya boleh mengikuti maksimal tiga karya di masing-masing katagori,” tegas Munir.

Khusus hadiah, kata Munir, dari total hadiah Rp 64 juta yang disediakan, masing-masing pemenang di setiap katagori berhak menerima trophy bergilir Piala Prapanca, piala tetap, piagam penghargaan, dan uang Rp10 juta.

Sementara untuk tiga karya tulis, karya foto, karya jurnalistik televisi dan karya jurnalistik radio yang masuk sebagai nominator, masing-masing menerima piagam penghargaan dan uang Rp 2 juta.

Ketua Panitia HPN 2018 dan HUT Ke-72 PWI, Syaiful Anam menambahkan, untuk menilai karya para peserta, PWI Jatim menunjuk orang-orang yang dinilai kredibel dan profesional di bidangnya, terdiri dari wartawan senior, praktisi, dan akademisi, sebagai Dewan Penilai.

“Keputusan dari Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” tandasnya.

Menurut Syaiful, pengumuman para pemenang dan penerimaan hadiah Piala Prapanca 2018 yang digelar PWI Jatim akan dilaksanakan pada acara resepsi puncak peringatan HPN 2018 tingkat Jatim, yang rencananya digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Kj4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *