ASN Pemkab Jember Berbusana Ala Santri

oleh
Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR.

KILASJATIM.COM, Jember – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) V tahun 2019, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember tampil ala santri, Selasa 22 Oktober 2019. Para ASN pria memakai sarung dan songkok dan ASN perempuan memakai busana muslimah.

Ini tertuang di Surat Edaran Bupati Jember No. 065/980/1.23/2019 tanggal 21 Oktober 2019. “Mengimbau seluruh ASN muslim di lingkungan Pemkab Jember untuk menggunakan seragam santri,” terang Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dalam suratnya.

Bagi ASN yang non muslim, Bupati menyarankan untuk melakukan penyesuaian.

Dalam surat edaran tersebut, Bupati juga mengajak masyarakat untuk mengheningkan cipta selama 60 detik pada pukul 08.00 WIB.

Hening Cipta Hari Santri ini untuk mengenang para syuhada dan pahlawan yang mempertahankan Republik Indonesia.

BACA JUGA: Lansia Jember akan Mendapatkan Beras 10 Kg per Bulan

“Santri dan pesantren telah menjadi bagian sejarah kemerdekaan bangsa dan memiliki kontribusi besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Bupati.

Peringatan HSN tahun ini mengangkat tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Tema ini diangkat karena santri selama ini dididik  dan dibesarkan dalam lingkungan yang penuh kedamaian sesuai dengan Islam rahmatan lilalamin.

Pada peringatan HSN tahun ini diawali dengan apel santri di Alun-alun Jember. Sekitar 3.000 santri akan ikut dalam apel ini.

Dalam apel ini akan dimeriahkan oleh paduan suara dari Pondok Pesantren Al Falah Karangharjo, Kecamatan Silo. Pondok ini merupakan asuhan Kiai Muqit, yang tak lain adalah Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief.

BACA JUGA: Pemkab Jember Distribusikan Instruktur Bela Diri Silat ke Sejumlah SD dan SMP  

Wabup sendiri akan bertindak sebagai pimpinan apel.

Di momen ini juga akan diberikan beasantri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR.

Setelah melaksanakan apel, para santri akan menggelar kirab santri yang menempuh rute Alun-alun Jember –Jalan A. Yani–Jl. Trunojoyo–Jl. Cokroaminoto–Jl. Gajah mada– Jl. Sultan agung, dan kembali di Alun-alun Jember.

Berikutnya, para santri akan mendapatkan hadiah kejutan yang diundi oleh panitia penyelenggara. (*/kj1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *