Tips Berkendara Di Musim Hujan,  Jangan Salah Pilih Helm agar #Cari_aman saat Berkendara

oleh -1074 Dilihat

KILASJATIM.COM, Sidoarjo – Akhir-akhir ini, wilayah Jawa Timur, seperti kabupaten Sidoarjo sering diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan disertai angin kencang.

Ketika memasuki musim hujan selain teknik berkendara,  para bikers juga perlu mempersiapkan perlengkapan berkendara yang wajib dibawa salah satunya yang perlu diperhatikan yakni pemilihan dan penggunaan Helm.

Helm tentunya perlengkapan berkendara yang wajib digunakan baik saat hujan maupun saat kondisi normal. Tapi saat musim hujan, helm yang digunakan tentunya harus memiliki beberapa ketentuan, diantaranya.

Pilih helm full face

Berkendara di musim hujan disarankan untuk menggunakan helm full face, alasannya karena helm jenis ini melindungi area depan terutama wajah dari guyuran atau cipratan hujan lebih optimal. Setidaknya lebih baik ketimbang helm jenis lainnya, tapi yang terpenting helm yang digunakan tetap nyaman dan bisa melindungi kepala secara menyeluruh.

Hindari kaca atau visor helm gelap

Baik helm full face atau model half face, yang terpenting helm yang digunakan saat hujan adalah bagian kaca atau visornya yang berwarna clear atau bening, hindari warna visor gelap supaya visibilitas atau penglihatan selama berkendara tidak terganggu.

Gunakan fitur anti embun

Saat ini beragam inovasi disediakan oleh produsen helm, sehingga bukan hanya aman, helm juga semakin memanjakan konsumennya dengan beragam fitur. Salah satunya fitur anti embun berupa pinlock. Atau bisa juga menggunakan cairan khusus yang membuat kaca atau visor helm terhindar dari embun yang menggangu pandangan saat berkendara.

“Satu lagi yang perlu diperhatikan, gunakan helm dengan warna cerah atau reflektif sehingga pengendara lain dapat dengan mudah melihat keberadaan para bikers di jalan apalagi berkendara denan kondisi cuaca buruk atau intensitas tinggi. Saat hujan lebat disarankan untuk menepi dan berteduh sejenak menunggu sampai hujan reda agar tercipta berkendara yang #Cari_aman.”kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Seru dan #Cari_aman Touring Berkelompok.

No More Posts Available.

No more pages to load.