PIBACC PCU 2023, Sharing Bidang Akuntansi

oleh -190 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – School of Business and Management (SBM) PCU gelar Petra International Business and Accounting Conference (PIBACC) 2023. Pegiat akuntansi berbagai negara hadir bagikan peran akuntan mewujudkan sustainability perusahaan. Dato Sri Prof. Dr. Tahir, MBA., pendiri Mayapada Group hadir secara online sebagai keynote speaker.

Bukan lagi soal laba, tapi sustainability yang kini menjadi tonggak keberhasilan sebuah perusahaan. Untuk mewujudkannya, CSR (Corporate Social Responsibility) menjadi hal yang perlu dipenuhi. Namun, biaya yang dibutuhkan juga cukup besar, sehingga harus ada manajemen CSR yang baik. Disini peran akuntan sangat dibutuhkan, terutama sebagai penyedia informasi pengambilan keputusan.

Karena pentingnya hal itu, School of Business and Management atau SBM, PCU (Petra Christian University) di bawah koordinasi Accounting Department gelar Petra International Business and Accounting Conference (PIBACC) 2023. Berlangsung di kampus PCU selama dua hari, mulai tanggal 20 hingga 21 November 2023.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat, terutama para peserta PIBACC, dapat menyadari dan memahami tentang pentingnya peran akuntan dalam menjaga sustainability organisasi,” ujar Saarce Elsye Hatane, S.E., MBA., CA., Ak., CMA., CPA (Aus), selaku Ketua Program Studi Akuntansi – SBM.

Ada dua rangkaian kegiatan yang berlangsung. Hari pertama, digelar International Management Accountant Conference (IMAC) bekerja sama dengan Institute of Certified Management Accountants (ICMA) Australia – New Zealand. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mengumpulkan praktisi management accountant dari berbagai negara untuk berbagi best practice terkait sustainability dan bagaimana peran akuntan di dalamnya.

IMAC merupakan acara tahunan yang dikemas dalam bentuk seminar internasional dengan tema Saving the Planet. Lima pembicara membawakan materi tentang peran akuntan dalam mewujudkan sustainability perusahaan dan saving the planet.

Baca Juga :  Magister Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Komitmen Hasilkan Lulusan Sesuai Zaman

“Tema ini mengajak masyarakat untuk mengambil peran dalam menyelamatkan planet kita. Karena sustainability ternyata bukan hanya tugas dari ahli lingkungan hidup, seorang akuntan pun punya peran penting. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Yuk, jangan biarkan bumi mengalami dampak buruk, dan iklim makin panas,” ujar Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor PCU.

Dato Sri Prof. Dr. Tahir, MBA., pendiri Mayapada Group sekaligus Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perhimpunan Keluarga Alumni Universitas Kristen Petra (Kanitra) periode 2021-2025, juga hadir secara online untuk menerima Lifetime Achievement Awards yang diberikan oleh ICMA Australia – New Zealand.

Penghargaan ini diberikan kepada Dato Sri Prof. Dr. Tahir, MBA., atas dedikasinya dalam menjalankan bisnis yang mengintegrasikan praktik sustainability. Selain itu, beliau juga aktif melakukan charity termasuk menjadi Dewan Penyantun Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra.

Kemudian di hari kedua dilangsungkan kegiatan Petra International Business and Accounting Conference, atau PIBACC. Secara umum, kegiatan ini merupakan international conference pertama di bidang Akuntansi yang diadakan oleh PCU. Setiap jurnal atau paper yang terkumpul akan dipresentasikan untuk mendapat review dan masukan, sehingga para penulis bisa melengkapi lalu mempublikasikannya.

Sebelum memulai Panel Session, ada pembekalan materi oleh tiga pembicara, yakni Professor Ferry Jie, Ph.D., dari Edith Cowan University School of Business and Law Australia, Assoc. Prof. Dr Foo Yee Boon, sebagai Head of Accounting Sunway Business School Malaysia, dan Assoc. Prof. Josua Tarigan, Ph.D, CMA., CSRA., selaku Dekan SBM PCU.

Peserta PIBACC 2023 tidak hanya berasal dari mahasiswa PCU, melainkan juga mahasiswa dari universitas-universitas di seluruh Indonesia. “Ada juga beberapa peserta dari Malaysia, Filipina, Thailand, United Kingdom, dan Timor Leste. Selain dari akademisi, kegiatan ini juga terbuka untuk umum,” tambah Saarce.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News