Persiapan Lebaran, Ini Trik Bikin Ketupat Sendiri di Rumah dengan Hasil Empuk dan Pulen

oleh -559 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Ketupat menjadi makanan khas di saat lebaran. Nasi yang dibungkus janur atau daun kelapa muda ini biasanya disantap bersama opor ayam.

Tak usah beli, kamu bisa membuat ketupat sendiri di rumah dengan beberapa trik agar hasilnya empuk dan pulen. Simak lima caranya berikut ini.

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Empuk dan Pulen

Membuat ketupat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari merebusnya dengan panci biasa, panci presto, dengan plastik hingga beberapa teknik seperti 30-15-30-15 dan 20-30-20-30.

Nah, ini caranya!

1. Merebus dengan Panci Biasa

Jika menggunakan panci biasa untuk membuat ketupat, pilih yang ukurannya besar. Pada kulit ketupat isi beras sampai 1/2 penuh.

Sebelum memasak ketupat, didihkan air terlebih dahulu. Lalu masukkan ketupat dan masak selama 3-5 jam. Jika air menyusut tambahkan dengan air panas.

Saat matang, ketupat akan mengembang dan daunnya berubah warna. Ambil ketupat dan tiriskan. Angin-anginkan supaya air turun dan membuatnya jadi kering dan tahn lama.

2. Merebus dengan Panci Presto

Memasak ketupat bisa lebih empuk dan pulen dengan panci presto. Tentunya cara ini akan lebih menghemat waktu dan gas.

Caranya, tambahkan air ke panci presto. Lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras sampai terendam sempurna. Masak air hingga mendidih, biasanya panci presto akan mengeluarkan bunyi nyaring.

Setelah itu masak ketupat terus sampai 30 menit sejak panci berbunyi. Jika ketupat sudah matang sempurna, jangan langsung membuka tutup panci presto, tapi keluarkan uapnya dahulu. Kemudian angkat dan tiriskan ketupat.

3. Masak Ketupat 20-30-20-30

Biasanya, waktu yang diperlukan untuk memasak ketupat adalah 3-5 jam. Untuk menghemat gas, maka bisa memilih teknik 20-30-20-30.

Baca Juga :  Nikmati Mojito, Minuman Khas Kebun Teh Wonosari Malang

Caranya adalah memasak ketupat di air mendidih dengan api sedang, lalu matikan dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, masak lagi ketupat selama 20 menit dan diamkan lagi selama 30 menit.

Setelah itu diamkan selama 60 menit. Ketika sudah pulen, ketupat bisa langsung diangkat dan ditiriskan.

4. Masak Ketupat 30-15-30-15

Selain 20-30-20-30, ada juga trik memasak ketupat 30-15-30-15. Akun Tiktok @deafany membagikan tips ini.

Pertama-tama, kulit ketupat direndam selama 5 menit di air bersih. Beras yang akan digunakan untuk isian ketupat juha direndam dalam wadah air bersih selama 10 menit. Lalu, isi beras ke dalam kulit ketupat sampai setengah penuh.

Kemudian, panaskan air dalam panci, masukkan ketupat dan masak selama 15 menit. Setelah itu, diamkan ketupat selama 30 menit. Ulangi proses masak tersebut, kemudian angkat dan tiriskan.

5. Masak Ketupat dengan Plastik

Selain menggunakan janur atau kelapa muda, ketupat juga bisa dimasak dengan plastik. Tentunya cara ini mudah dan praktis.

Siapkan kantong plastik bening yang tebal dan tahan panas. Lubangi permukaannya dengan jarum.

Masukkan beras 100 gram yang sudah dicuci bersih hingga setengah plastik. Lalu rekatkan ujung plastik dengan lilin atau sealer.

Rebus plastik berisi beras dalam panci. Masukkan air, tambahkan garam dan pandan. Masak selama. 45 menit sampai isinya mengembang dan memenuhi plastik.

Itulah lima cara membuat ketupat lebaran yang empuk dan juga pulen. Selamat mencoba membuatnya di rumah. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News