Jaga Keselamatan Penumpang dan Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2024, Terminal Tawang Alun Jember Lakukan Ram Check Bus

oleh -308 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jember – Menjaga keselamatan penumpang dan kesiapan angkutan mudik lebaran, satuan pelayanan Terminal Tipe A Tawang Alun, Kabupaten Jember, lebih intens melakukan ram check.

“Mengantisipasi kendaraan yang beroperasi utamanya untuk kelayakan jalan, kegiatan rutin kami ram check dilakukan lebih intens karena angkutan lebaran 2024,” ujar Wasatpel Terminal Tawang Alun Pudjiono, Selasa (2/4/2024).

Secara umum yang dilakukan saat ram check adalah, memeriksa terkait kelayakan kendaraan seperti lampu utama, sabuk pengaman, alat pemadam kebakaran (apar), kotak obat P3K, kondisi ban, dan alat pemecah kaca saat darurat.

Selain itu juga kelengkapan dokumen kendaraan seperti STNK, SIM, buku uji KIR, dan trayek. Kendaraan yang telah dinyatakan layak jalan dan operasi, lanjut Pudjiono, mulai besok akan dilakukan pemasangan stiker dari Kemenhub.

Selama dilakukannya ram check, petugas belum menemukan bus tidak layak jalan. “Hanya ada beberapa pelanggaran ringan sehingga bus masih diizinkan beroperasi dengan catatan segera melengkapi beberapa kekurangan tersebut,” imbuhnya.

Bagi kendaraan yang tidak layak jalan baik itu surat maupun fisik kendaraan, termasuk pelanggaran berat sehingga bus akan dikembalikan ke pool untuk dikandangkan.

Hingga hari ini, Pudjiono menambahkan, untuk gelombang arus mudik terpantau belum ada peningkatan. Ia memperkirakan arus mudik penumpang akan melonjak mulai H-3 lebaran. (bbs/sat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Puncak Arus Mudik di Jatim Diprediksi H-4 Lebaran, Pemudik Tinggalkan Surabaya Diprediksi Naik 12,5%

No More Posts Available.

No more pages to load.