Dinas Kominfo Kota Malang Gelar Bimtek e-Suradi

oleh
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Surat Digital (e-Suradi) di Ijen Suites Hotel Malang, Selasa (19/11/2019).

KILASJATIM.COM, Malang – Untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemerintah Kota Malang khususnya petugas admin surat  dan pejabat struktural semua perangkat daerah sebagai pejabat adminsitrator dan pelaksana, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Surat Digital (e-Suradi) di Ijen Suites Hotel Malang, Selasa (19/11/2019).

Sosialiasi yang diikuti peserta dari seluruh OPD dan kelurahan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kota Malang, Moh. Sulthon, S.Sos, MM mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Malang.

Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Kota Malang, Moh. Sidik, ST mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah terimplementasinya pelaksanaan digitalisasi, khususnya proses administrasi surat perangkat daerah yang efektif, efisien, cepat, dan akurat.

“Serta tersedianya sumber daya manusia yang handal, baik sebagai pelaksana maupun administrator perangkat daerah,” jelas Sidik, Selasa (19/11/2019).

BACA JUGA: Kota Malang Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik Nasional

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini dimaksudkan juga untuk sinkronisasi dan sinergitas percepatan dan pengembangan Kota Malang menuju smart city dan juga terakomodasinya sasaran pembangunan RPJMD dalam dokumen roadmap/masterplan smart city.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kota Malang, Moh. Sulthon, S.Sos, MM menyampaikan, di era revolusi industri 4.0 implementasinya selalu ada keterkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Apabila kita sebagai ASN enggan melakukannya maka sangat jauh ketinggalan dari dinamika teknologi informasi,” terangnya.

Oleh karena itu, diungkapkannya bahwa merupakan keniscayaan untuk berusaha semaksimal mungkin untuk terus mengikuti perkembangan teknologi informasi.

BACA JUGA: Pemkot Malang Perkuat Layanan Pengaduan Publik

“Sehingga pada akhirnya pemanfaan aplikasi surat digital untuk proses administrasi surat perangkat daerah merupakan salah satu pilar smart city yaitu smart governance yang dapat memicu menciptakan smart-smart yang lain, smart economy, smart society, smart branding, smart living, dan smart environment,” jelasnya lebih lanjut.

Dilaksanakannya Bimtek e-Suradi ini dengan mengikutsertakan admin surat dan pejabat struktural seluruh OPD, disampaikan Sulthon harapannya pelaksanaan administrasi surat semua OPD harus menggunakan aplikasi Suradi sebagai wujud dari percepatan smart city Kota Malang.

“Selain itu pemanfaatan teknologi informasi, khususnya aplikasi surat digital ini juga akan menciptakan pemerintahan yang Good Governance menuju Go Green karena pemakaian kertas yang mulai dikurangi,” pungkasnya. (hms/kj12)isasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *