Bye Omegle!

oleh -364 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Situs chat dan video online legendaris, Omegle resmi tutup setelah 14 tahun beroperasi. Hal ini disampaikan langsung oleh Leif K-Brooks sang pendiri dari Omegle.

Platform yang memungkinkan seseorang bertemu dengan orang lain lintas negara secara online ini ditutup usai bertahun-tahun berjuang untuk membasmi penyalahgunaan layanan.

Dalam pernyataannya Leif K-Brooks menyatakan, “Saya meluncurkan Omegle ketika berumur 18 tahun dan masih tinggal bersama orang tua. Hal ini dimaksudkan untuk membangun hal-hal yang saya sukai tentang internet, sekaligus memperkenalkan suatu bentuk spontanitas sosial yang saya rasa tidak ada di tempat lain.

Jika internet adalah perwujudan dari ‘Desa Global’, Omegle dimaksudkan sebagai cara untu berjalan-jalan di desa tersebut, memulai percakapan dengan orang yang Anda temui di sepanjang jalan.”

Ia juga menceritakan, awalnya tak pernah menyangka akan banyak orang yang menggunakan Omegle, karena situs tersebut dibuat oleh remaja berusia 18 tahun dan kala itu ia tidak punya pemikiran spesifik Omegle akan berkembang seperti apa. 

Tetapi hal yang tak disangka-sangka, Omegle menjadi populer setelah diluncurkan dan tumbuh dengan cepat menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia.

“Saya yakin hal ini ada hubungannya dengan bertemu orang baru yang merupakan kebutuhan dasar manusia, dan Omegle merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar K-Brooks.

“Seperti kata pepatah: ‘Jika Anda membuat perangkap tikus yang lebih baik, dunia akan membuka jalan menuju pintu Anda’,” pungkasnya.

Sayangnya, pertemuan orang di sosial media tak selalu berujung baik. K-Brooks tidak bisa mencegah adanya kasus penyalahgunaan dan aktivitas menyimpang seperti hal yang berbau seksual sampai tindakan kriminal yang serius.

Baca Juga :  Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra Meluncur ke Pasar Global, Intip Ini Kelebihannya!

Meskipun ada upaya moderasi dan intervensi teknologi yang ketat, perjuangan terus-menerus melawan penyalahgunaan tersebut terbukti menjadi tantangan yang tidak dapat diatasi

Di samping itu, Omegle juga pernah menjadi saksi di mana para fans internasional yang beruntung bertemu dengan sosok idola mereka di platform tersebut secara acak atau menemukan teman sampai jodoh lintas negara.

Kini, situs Omegle telah resmi ditutup. Bye Omegle! (bbs/bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News