Besok Nisfu Syaban, Malam Istimewa Penuh Kebaikan

oleh -508 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Malam Nisfu Syaban adalah malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban. Pada tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023.

Lalu, apa itu Nisfu Syaban dan kapan umat Islam memperingatinya?

Ya, Nisfu Syaban adalah peringatan pada tanggal 15 bulan ke delapan (syaban) dari kalender Islam. Pada Nisfu Syaban bisa disebut dalam berbagai nama seperti Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Syakban di dunia Arab dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran, dan India.

Nama-nama ini diterjemahkan menjadi ‘malam pengampunan dosa’, ‘malam berdoa’ dan ‘malam pembebasan’, dan diperingati dengan beribadah sepanjang malam. Di beberapa daerah, perayaan Nisfu Syaban biasanya secara turun temurun sekaligus dijadikan momentum untuk mengenang leluhur.

Kapan Nisfu Syaban tahun 2023? Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, Nisfu Syaban tahun 2023 jatuh mulai Selasa, 7 Maret 2023 malam hingga Rabu, 8 Maret 2023.

Hal tersebut berdasarkan pengamatan di beberapa titik di Balai Rukyat Nahdlatul Ulama (NU) pada 20 Februari 2023 silam.

“Dapat disimpulkan bahwa hilal tidak terlihat, sehingga bulan Rajab 1444 H digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Syaban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023,” ujarnya.

Pergantian hari pada kalender Hijriah berbeda dengan kalender Masehi, yakni setelah matahari terbenam atau waktu maghrib. Oleh karena itu, Nisfu Syaban akan jatuh sejak Rabu (7/3/2023) setelah waktu maghrib hingga Kamis (8/3/2023) sebelum maghrib.

“Sehingga sejak Selasa malam itu sudah masuk malam Nisfu Syaban,” imbuhnya.

Keistimewaan Nisfu Syaban Dikutip dari nu.or.id, malam Nisfu Sya’ban, termasuk malam yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Malam tersebut adalah malam yang sangat istimewa yang dalamnya terkandung pelbagai kebaikan.

Baca Juga :  Harga Pertamax Resmi Naik

Berdasarkan kitab Qut al-Qulub karya Al-Imam Abu Thalib al-Makki, bahwa para sahabat Nabi memberikan perhatian lebih saat malam Nisfu Sya’ban, dengan mengisi pelbagai amal ibadah, dan memperbuat kebajikan. Sebab, pada malam tersebut mengandung pelbagai keistimewaan dibanding malam-malam lain.

Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan kemuliaan dari malam Nisfu Sya’ban yang dimanfaatkan oleh kalangan sahabat untuk berdoa dan meminta ampunan pada Allah. Sebab, karena kesucian malam nisfu Sya’ban tersebut, Allah menurunkan rahmat-Nya pada orang yang memohon ampunan pada-Nya.

Malam penuh ampunan Malam nisfu Sya’ban adalah malam penuh ampunan (malam lailu ghufran). Untuk itu, seyogyanya pada malam tersebut orang-orang yang merasa dirinya penuh dengan noda dosa dan keburukan, bertobat kepada Allah.

Sebab pada malam penuh ampunan itu, Allah akan mengampuni seluruh dosa hamba-Nya. Semua amalan dan permintaan dikabulkan Malam Nisfu Sya’ban adalah malam diterima segala permintaan (lailatu al ijabah). Sudah tak menjadi rahasia lagi, bahwa malam Nisfu Sya’ban termasuk dalam malam yang penuh dengan kucuran kebaikan dari Allah.

Selain mendapatkan ampunan, seseorang yang menghidupkan malam Nisfu Sya’ban juga akan mendapatkan kemuliaan, berupa dikabulkan permintaannya. Berdasarkan hal tersebut, sudah sepatutnya pada malam tersebut, seorang muslim meminta kepada Tuhannya.

Puasa jelang malam Nisfu Syaban Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk menunaikan puasa Aiyyamul Bidh dan memperbanyak syahadat serta memanjatkan doa-doa. Puasa Aiyyamul Bidh atau puasa hari-hari putih adalah puasa yang dilakukan umat Muslim pada pertengahan bulan Qmariyah (tahun Hijriyah).

Umumnya puasa ini dilaksanakan pada setiap tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Nah, itulah pengertian Nisfu Syaban dan kapan tanggal Nisfu Syaban 2022, serta amalan yang dapat dilakukan di Nisfu Syaban. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.