Surabaya Juara Umum Kejurnas Selam Fin Swimming Piala Gubernur Jatim 2018

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Peta kekuatan cabang olahraga (cabor) selam di Indonesia mulai merata. Ini terlihat dari hasil Kejurnas Selam Fin Swimming Piala Gubernur Jatim V yang berlangsung selama dua hari di Kolam Renang KONI Jatim, 10-11 Nopember 2018.

Kota Surabaya yang selama ini mendominasi perolehan medali, mendapat saingan ketat dari Kabupaten Badung. Perolehan medali emas Surabaya, hanya terpaut 4 emas dari kontingen selam Kab Badung.

“Kekuatan cabor selam nomor kolam sekarang memang merata. Kalau dulu 70 persen dikuasai oleh Jatim, sekarang sudah dibawah 70 persen,” kata Ketua Umum Pengprov POSSI Jatim, Mirza Muttaqien usai penyerahan medali.

Total medali yang dikumpulkan Surabaya, yaitu 17 emas, 24 perak dan 23 perunggu. Dengan perolehan medali tersebut, Surabaya berhak meraih juara umum, dan sekaligus mempertahankan gelar juara umum empat kali berturut-turut kejurnas piala Gubernur Jatim.

Sedangkan kab Badung, merebut 13 emas, 9 perak dan 7 perunggu. Prestasi kab Badung ini, terbilang moncer. Dengan perolehan medali tersebut, kab Badung mampu menembus dua besar.

Prestasi kab Badung, mengungguli kab Pasuruan yang tahun lalu menempati peringkat dua. Tahun ini, kab Pasuruan turun di peringkat empat dengan meraih 11 emas, 11 perak dan 6 perunggu.

Justru kota Malang melejit prestasinya. Pada kejurnas piala Gubernur Jatim tahun ini, kota Malang menduduki peringkat tiga dengan meraih 12 emas, 22 perak dan 16 perunggu.

“Hasil piala Gubernur tahun ini, menjadi evaluasi bagi Jatim, bahwa sekarang Jatim sudah tidak mendominasi lagi. Sebaliknya, bagi daerah lain bisa menjadi alat evaluasi terhadap atlet-atletnya yang turun di kejurnas ini,” tambah Mirza. (Wah)