RS Khadijah Sidoarjo Lengkapi Pelayanan Poli Jantung Datangkan Alat Kateterisasi

oleh

SIDOARJO, kilasjatim.com: – Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang Sidoarjo, salah satu dari lima rumah sakit di Surabaya yang kini melengkapi pelayanan dengan membeli mesin atau alat kateterisasi jantung (cath lab).

Direktur RS Siti Khadijah, dr H Hamdan SpS (K) mengatakan, pihak rumah sakit menganggap perlu adanya Cath lab (alat kateterisasi) di rumah sakit yang dikelolanya. mengingat jumlah pasien di poli jantung setiap harinya cukup banyak yakni dikisaran 100 – 150 pasien.

“Alat yang kami datangkan ini memiliki tiga fungsi sekaligus, yakniendiagnoea jantung dewasa, jantung anak dan otak. Di rumah sakit lain, hanya mendeteksi jantung anak dan dewasa saja, saat ini baru 5 rumah sakit yang memilikinya. Satu diantaranya di rumah sakit Siti Khodijah,” ujar Hamdan saat pertama dioperasikannya alat kateterisasi di RS Khodijah Selasa (02/04/2019).

Hamdan berharap dengan adanya alat tersebut maka bisa menekan jumlah penderita dengan gejala stroke dan bisa ditangani lebih cepat.

Penanganan penyumbatan darah, baik kecil maupun besar memiliki batas waktu atau golden period yaitu 8 jam.

“Penanganan selama golden period ini penting karena itu pertolongan harus dilakukan sesegera mungkin. Namun sayangnya cath lab belum dimiliki oleh semua RS. Cath lab untuk jantung anak belum semua kabupaten punya alat maupun dokter spesialisnya,” tuturnya.

Tingkat keberhasilan penggunaan alat ini sekitar 95 persen. Artinya, dari 100 tindakan yang direncanakan, 95 diantaranya dinyatakan berhasil.

“Jumlah penderita semakin tinggi sedangkan alat kateterisasi jantung atau cath lab belum dimiliki oleh semua rumah sakit. Karena itu, atas permintaan masyarakat, akhirnya kami melengkapi pelayanan dengan mendatangkan alat katerisasi jantung ini,” jelas Hamdan didampingi Wadir Medik dr Sri Widyaningsih spesialis Sp. Pk dan Drs Abdullah Smith Ec Ak mewakili PCM cabang Sepanjang.

Sementara itu, Dr. dr Mahrus A. Rahman SpA (k) terpisah menjelaskan jumlah penderita gagal jantung bawaan pada anak semakin meningkat. Hal ini sebagai dampak dari lingkungan, faktor bawaan dari ibu dan genetik.

“”Dari ketiga faktor tersebut yang terbesar penyebabnya dari faktor lingkungan. Seperti misal disebabkan obat, bahan makanan, minuman dan bahan kimia. (kj2)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *