Indosat Ooredoo Business Berkontribusi Wujudkan Perkotaan Lebih Maju dengan Smart City di Indonesia

oleh

Jajaran direksi Indosat Ooredoo saat bertandang ke Surabaya Rabu (15/05/2019)

 

SURABAYA, kilasjatim.com: Indosat Ooredoo Business memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Smart City di Indonesia guna mewujudkan manajemen perkotaan yang lebih maju dengan system yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan.

Tingginya tingkat urbanisasi di Indonesia memerlukan solusi baru yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan kota perkotaan. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi inovatif untuk menyelesaikan berbagai tantangan perkotaan.

Group Head ICT Product & Solution Indosat Ooredoo, Budiharto mengatakan, Smart City merupakan inisiatif penting dari Pemerintah di era revolusi industri 4.0.

‘Konsep solusi Smart City Indosat Ooredoo, dirancang untuk mencapai outcome yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah di perkotaan, warga kota dan komunitas bisnis untuk menciptakan tata kelola pemerintahan dan transparansi, layanan publik yang baik, pertumbuhan ekonomi dan efisiensi biaya,” kata Budiharto di Surabaya, Rabu (15/5/2019).

Indosat Ooredoo membangun arsitektur smart city mulai dari pondasi dasar berupa jaringan atau infrasruktur telekomunikasi, layanan TIK (data center dan manage services), komputasi awan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan. Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang sudah mengimplementasikan smart city.

Misalnya saja seperti di Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang dan Kabupaten Nganjuk. Selain itu juga di Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, Kota Batu, Kota Probolinggo dan Kota Surabaya.

“Itu tadi adalah kabupaten atau kota yang telah terbantu dengan adanya solusi connectivity, internet, command center dan aplikasi yang terintegrasi untuk menunjang implementasi smart city,” jelasnya

Program Gerakan Menuju 100 Smart City ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi Kota dan Kabupaten diluar 100 Kota dan Kabupaten yang terpilih oleh Kominfo melalui inisiatif daerah masing-masing.

Pada hari yang sama, Indosat Ooredoo Business ikut serta pada Pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City tahap III 2019 di Jakarta. Indosat Ooredoo Business berperan aktif sejak awal diluncurkannya gerakan yang diprakarsai oleh Kemenkominfo RI ini, dimana salah satu isi programnya adalah pendampingan untuk implementasi smart city berbasis ICT.

Peran Indosat Ooredoo adalah sebagai technology advisor dalam BIMTEK yang diadakan pada kota/kabupaten yang terseleksi oleh Kemenkominfo RI.

Kementerian Kominfo melanjutkan program pendampingan di tahun 2019 yang dimulai pada hari ini terhadap 25 Kota dan Kabupaten melalui proses yang sama seperti yang telah dilakukan di tahun 2017 dan 2018. (kj2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *