PT PJB Himpun Dana Rp 2,1 Miliar Disalurkan Sesuai Ketentuan Agama

oleh

Penyerahan donasi dan zakat dari PT PJB melalui Lazis kepada duafa anak yatim dan untuk pembangunan rumah ibadah di sekitar kantor PJB sekaligus buka bersama Kamis (07/5/2018)

 

 

SURABAYA, kilasjatim.com: –
2,1 PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazis) berhasil menghimpun dana yang berasal dari Zakat karyawan sebesar Rp2,1 miliar.

Dana sebesar itu dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan amal dan pemberian zakat yang peruntukannya sesuai ketentuan agama.

“Dana tersebut kami salurkan yang peruntukan untuk fisabilillah, biaya sekolah, bantuan biaya pendidikan serta bantuan untuk modal usaha, biaya berobat, dan biaya hidup,” ujar Ketua Lazis PT PJB, Miftahul Huda di Surabaya pada acara penyerahan bantuan kepada anak yatim dan duafa, Kamis (7/6/2018)

Pada Ramadan tahun 2018 ini Lazis PT PJB menyalurkan infaq dan shadaqah yang terkumpul dari karyawan PJB kepada anak-anak yatim, masyarakat kurang mampu, serta yang berhak menerima, seperti yang terlilit hutang, mualaf, musyafir dan amil zakat, mereka dari sejumlah wilayah di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan daerah lainnya di Jatim.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstatara menyebut, dana yang disalurkan dikumpulkan dari potongan penghasilan karyawan PJB.

“Alhamdulillah, sistem ini dapat diterima karyawan karena memudahkan karyawan untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah mereka. Spirit ibadah ini merupakan salah satu pilar penopang budaya perusahaan memiliki peran besar mensukseskan program ini. Dalam satu bulan dana yang terkumpul mencapai Rp 463 juta, itu masih sebagian dari jumlah karyawan keseluruhan sebanyak 2917 orang,” kata Iwan.

Kegiatan ramadan tahun lalu LAZIS PJB juga mempelopori penggunaan ATM Beras. Masyarakat bisa memanfaatkan ATM Beras tanpa harus antri, cukup datang ke ATM Beras sesuai jadwal, praktis dan efisien.

“Tahap awal LAZIS PJB menyediakan 10 ATM Beras, yakni di Gresik, Bekasi, Jakarta, Probolinggo, Lamongan, Malang, Bojonegoro dan Kediri. ATM resmi diluncurkan 2018, dan terbukti bisa untuk menyalurkan beras kepada masyarakat yang membutuhkan, dan semoga keberkahan juga mengalir ke perusahaan,” paparnya.

Kepedulian lainnya juga dilakukan oleh karyawan PJB melalui LAZIS, menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar unit PJB di seluruh Indonesia, rata-rata 300 paket per unit. LAZIS juga membiayai pembangunan satu ruang gedung Graha Yatim Mandiri senilai Rp 375 juta, serta menyalurkan 3.200 paket lebaran senilai Rp800 juta ke PT Mitra Yatim Mandiri, pengelola kampus Insan Cendekia Sidoarjo.

Iwan menambahkan, LAZIS hanya mengumpulkan dana yang terkumpul dari karyawan. Selanjutnya dana diserahkan ke LAZIS PJB Kantor Pusat, kemudian disebar ke LAZIS di seluruh unit PJB dan diteruskan kepada mereka yang berhak menerima. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *