Jangan Asal Simpan, Ini Cara Tepat Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

oleh -293 Dilihat

KILASJATIM.COM, Madiun – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun membagikan tips menyimpan daging kurban pada momentum Idul Adha. Sebab, jika tidak disimpan dengan benar, bisa terkontaminasi bakteri dan cepat busuk.

Dokter hewan DKPP Kota Madiun, drh. M. Sulthan Rasyid Rifa’i mengatakan, di momen Hari Raya Kurban ini, masyarakat biasanya mendapat daging cukup banyak. Baik daging sapi maupun kambing.

Untuk itu, ketika mau menyimpan di kulkas, daging mentah dianjurkan tidak langsung dicuci. Melainkan dipilah terlebih dahulu, antara jeroan dengan daging kemudian baru dimasukkan dalam wadah tertutup atau kantong kresek.

“Kalau sudah sampai rumah, daging tidak perlu dicuci meskipun kotor, tapi langsung masukkan kulkas, bukan freezer sampai rigor mortisnya dari daging, selesai. Kalau tidak dagingnya akan alot, kurang lebih semalam lah, baru dipindah ke freezer,” ujarnya, Selasa (18/6/2024).

Untuk suhu kulkas sekitar 4-8 derajat celsius. Jika disimpan di freezer, suhunya dibawah 0 derajat celsius.

“Kalau dagingnya bersih bisa sampai 6 bulan aman untuk dikonsumsi. Tapi kalau dapat dagingnya kurang bersih, itu bisa bertahan 1-2 bulan saja,” katanya.

drh. Sulthan menyarankan masyarakat untuk memastikan daging sapi maupun kambing, dimasak benar-benar sempurna. Alasannya agar daging yang sebelumnya terkontaminasi dapat hilang bakterinya ketika dimasak dengan cara yang benar.

“Kalau dapat daging, lalu dimasak semua kemudian baru disimpan di kulkas ya nggak apa-apa. Asalkan menyimpannya di wadah yang tertutup,” tegasnya. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Diplomat Success Challenge Roadshow di Semarang

No More Posts Available.

No more pages to load.