Hari Libur, Dispenduk Capil Pasuruan Tetap Buka Layani Pengurusan KTP-El untuk Pemilu 2024

oleh -454 Dilihat

Foto: Ist/Pemkab Pasuruan

KILASJATIM.COM, Pasuruan – Selama hari libur Isra Miraj dan cuti bersama tahun baru Imlek 8-9 Februari 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Pasuruan tetap membuka layanan loket kependudukan.

Selain itu, layanan loket Disdukcapil juga tetap beroperasi pada Sabtu dan Ahad (10-11/2/2024) maupun pada saat pencoblosan Pemilu serentak 14 Pebruari 2024.

Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati mengatakan, tetap dibukanya layanan kependudukan berdasarkan Surat Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri nomor 400.8.1.2/1615 Dukcapil tentang layanan dukcapil pada hari libur dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Layanan ini diprioritaskan bagi warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Khususnya kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) sebagai salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh warga saat belum terdaftar sebagai pemilih.

“Tetap buka di tanggal 8,9,10, 11 dan 14 pebruari 2024. Tanggal itu libur dan cuti bersama. Kalau tanggal 12 dan 13 ya buka seperti biasanya,” kata Tecto di sela-sela memantau layanan kependudukan di kantornya, Kamis (8/2/2024).

Dibukanya layanan kependudukan di hari libur bukan berarti blangko KTP-el kosong. Sebaliknya, saat ini blangko untuk KTP-el di Disdukcapil dalam kondisi aman.

Sehingga masyarakat yang datang untuk membuat KTP-el bisa langsung mendatangi kantor Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan dan seluruh kantor kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Menurut Tecto, antusias warga dalam membuat KTP-el ternyata cukup tinggi di hari libur seperti hari ini misalnya.

Dalam sehari, jumlah warga yang melakukan perekaman KTP-el sebanyak 127 orang, cetak KTP sebanyak 4 orang, identitas kependudukan digital (IKD) sebanyak 14 orang dan cetak biodata sebanyak 165 orang.

Baca Juga :  Le Minerale Kembangkan Ekspor Tembus Pasar AMDK di Singapura

“Kalau hari ini mayoritas perekaman KTP-el bagi pemilih pemula. Tapi di hari-hari kemarin sudah ribuan KTP-el yang kami cetak,” ucapnya. (bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.