Sukses Kenalkan Komoditas, Pemkot Blitar Berpeluang Ekspor Tiga Produk Unggulan

oleh
Suharyono, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar.

KILASJATIM.COM, Blitar – Pemkot Blitar sukses mengenalkan beberapa komoditas dan berpeluang mengekspor tiga produk unggulan. Komoditas terpilih yang masuk kategori unggulan di antaranya kerajinan batok, batik khas dan buah belimbing.

Suharyono, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar mengatakan, sampai akhir 2019, banyak pengusaha negara asia, eropa serta timur tengah, dan warga Kota Blitar yang berdomisili di luar negeri menanyakan ketersediaan, kualitas sampai harga belimbing, batik sampai tas dan pernak pernik batok.

Terlebih pasca kedatangan Duta Besar Negara Arab, Afrika dan Asia tahun 2019 lalu, setiap minggu selalu ada yang menanyakan prospek produk sekaligus kapasitas produksinya. Dari fakta ini, terbukti 3 komoditas itu berpeluang besar menembus pasar luar negeri.

BACA JUGA: DPRD Kota Blitar Hearing dengan Paguyuban Cafe dan Karaoke  

Untuk menindaklanjuti hal itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pengusaha local, terkait kualitas, kuantitas dan peluang penanaman modal serta ekspor, untuk memastikan mereka mampu atau tidak menyiapkan produknya dalam jumlah besar. Jika memang dinilai siap dan mampu, pihaknya tidak segan membantu dalam hal penanaman modal, sekaligus membantu alur pasar ke luar negeri.

“Peluang kita tahun ini sangat besar, tinggal komunikasi saja yang harus intens dan pengusaha memperbaiki kualitas dan kemasan produknya saja,” Jelas Suharyono saat ditemui di kantornya, Jumat (17/01/2020) siang.

Selain batok, batik dan belimbing, kendang jimbe dan pisau komando nisoku saat ini sudah tembus pasar international.(hms/kj26)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *