Selain Madura, PLN juga Fokus Alirkan Listrik Warga di 11 Dusun Pulau Bawean

oleh

JEMBER, kilasjatim.com: – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero fokus menggarap proyek pasokan listrik di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur.
Targetnya tahun 2019 sebanyak 11 dusun di pulau tersebut sudah menikmati aliran listrik.

Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur, Dwi Suryo menyampaikan hal tersebut kepada sejumlah media di acara media gathering di Jember. Menurut Suryo, untuk menerangi dusun yang menjadi target sasaran di dusun tersebut PLN akan menyediakan pasokan listrik dari beberapa sumber, di antaranya pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

“Kapasitas yang disiapkan mencapai 8,0 megawatt (MW). “Kami menargetkan pada 2019 seluruh dusun di Pulau Bawean ini sudah harus teraliri listrik,” ungkap Suryo didampingi Hendang Suroso dr UPT Gresik.

Secara keseluruhan ada 86 gardu dengan daya tersambung sebesar 12.696 kilovolt ampere (KVA) untuk mendukung kelistrikan di Pulau Bawean. Akan tetapi, beban puncaknya mencapai 4,8 MW.

Cara atau strategi PLN dalam memberikan suplai listrik di Pulau Bawean adalah dengan membangun jaringan listrik yang mengelilingi daerah pesisir pantai. Mengingat wilayah Bawean ini dikelilingi perbukitan. Sementara PLN masih belum mampu menyuplai listrik untuk seluruh warga yang berdiam di wilayah tengah.

PT PLN harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa memasok listrik kepada seluruh warga di pulau yang berjarak 120 kilometer sebelah utara Gresik tersebut. Pulau yang memiliki dua kecamatan ini luas wilayahnya mencapai 197,42 kilometer persegi (km2). Ada 30 desa yang berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Tambak. Total pelanggan listrik di daerah itu baru berjumlah 17.843 pelanggan.

Menurut Suryo secara keseluruhan ada 86 gardu dengan daya tersambung sebesar 12.696 kilovolt ampere (KVA) untuk mendukung kelistrikan di Pulau Bawean. Akan tetapi, beban puncaknya mencapai 4,8 MW.

PLN saat ini sedang mempersiapkan seluruh jaringan dan fasilitas pendukungnya. PLN optimis 2019 seluruh penduduk di Pulau Bawean bisa menikmati listrik. (kj4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *