PTPN XI  Target 2019  Tebu Giling  4,2 juta Ton Dan Produksi Gula  372 Ribu Ton 

oleh

SURABAYA, kilasjatim.com: PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI) siap.mensukseskan musim giling 2019 mulai dari penyediaan bahan baku tebu (BBT) on farm maupun performa pabrik /off farm. Dengan target tebu giling sebesar 4,2 juta ton dan produksi gula sebesar 372 ribu ton.

Dirut PTPN XI, Gede Meivera Utama Adnjana Putra,MM mengatakan tahun ini perusahaan menargetkan rendemen di PTPN XI rata-rata mencapai 7,8 persen, sama seperti tahun lalu.

“Untuk target memang kami patok minimal sama seperti tahun lalu, karena curah hujan di tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Sementara penambahan lahan juga masih belum ada. Kami realistis saja. Tahun ini curah hujan lebih tinggi, sehingga kami menargetkan rendemen seperti tahun lalu, sekitar 7,8 persen,” kata Gede Meivera disela acara Buka Bersama di kantor PTPN XI Rabu (22/05/2019).

Sedangkan target produksi gula di tahun ini mencapai 380 ribu ton, juga hampir sama dengan tahun lalu. Hingga Rabu (22/5/2019) tercatat realisasi produksi dari keempat PG yang sudah beroperasi tersebut mencapai 7.500 ton.

Selain unit usaha pabrik gula (PG) yang tetap standby untuk memulai glling setelah libur ldul Fitri, 4 PG sudah mulai beroperasi untuk musim giling tahun ini.

“Masing-masing, PG Poerwodadie. PG Pagottan, PG Kedawoeng. dan PG Semboro. Sedangkan total gula yang sudah diproduksi dari keempat PG itu mencapai kurang lebih 8 ribu ton GKP dengan kualitas SNI,” jelasnya.

Sementara itu , dua PG, Assembagoes dan Djatirolo telah dilakukan revitalisasi pengembangan dan modernisasi. Perkembangan reviltalisasi PG Assembagoes telah dilakukan general test sebelum dilakukan giling tahun 2019. Pengujian performa pabrik pada hari Jumat (17/5/2019) itu, didampingi tim ahli dari KSO Wikabarata-Multinas dengan tanggung jawab dan pengawasan mitra pelaksana proyek revitalisasi.

“Sehingga, perbaikan dan penyempurnaan langsung dilakukan untuk mencapai performa pabrik gula terbaik. Diupayakan dalam minggu ini sudah siap untuk melakukan giling,” paparnya.

Sementara, untuk revitalisasi PG Djatiroto, sampai dengan ini progres flsiknya sudah mencapai 90%. Diperkirakan, selesai dan dilakukan steam test dalam minggu akhir awal Juli 2019. Sedangkan, pengembangan dan modemisasi PG Assembagoes dan PG Djatiroto tersebut, berupa peningkatan masing-masing kapasitas giling dari 3.000 TCD menjadi 6.000 TCD dan dari 6.500 TCD menjadi 10.000 TCD.

Safari Ramadan dan Mudik Gratis 2019H

HumasPTPN XI, Brilian Johan, mengatakan Selama Ramadan 1440 H PTPN XI melakukan kegiatan safari Ramadan berupa pemberian santunan kepada 500 anak yatim, termasuk bantuan untuk rumah ibadah hingga berbagi takjil serta berbuka bersama dengan total nilai Rp 10 juta.

“Mudik bareng PTPN ini terselenggara antara PTPN  Xl bersama PTPN X dan PTPN Xll  sebagaimana tahun lalu.
Pemberangkatan mulai tanggal 28 dan 29 Mei 2019 dengan berbagai tujuan kota, antara lain Yogyakarta. Solo. Semarang. Ponorogo, Pacitan dan Malang, serta Jember, Situbondo dan Banyuwangi.

“Masing-masing peserta mendapat asuransi perjalanan, godiebag kaos dan topi dari panitia,” kata Brillian. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *