Masyarakat Gili Ketapang, Probolinggo Nikmati Aliran Listrik 24 Jam

oleh

PROBOLINGGO, kilasjatim.com: Pada akhirnya  PT PLN (Persero) Distribusi Jatimm meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 3×500 kW di wilayah kepulauan, tepatnya Gili Ketapang, Probolinggo, Kamis (22/02/2018)

Peresmian dilakukan General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Dwi Kusnanto bersama staf ahli Pemerintah Kabupaten, Mahbub Zunaindi, serta jajaran PLN Distribusi Jawa Timur dan pejabat desa setempat.

Dengan diresmikannya pengoperasian PLTD di wilayah tersebut, maka masyarakat Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, kini dapat menikmati listrik selama 24 jam penuh.

“Sebelumnya, PLTD PLN di Pulau Gili Ketapang berkapasitas 2×400 kW hanya dapat menerangi Gili Ketapang selama 12 jam. Namun, dengan perjuangan keras untuk menerangi Gili Ketapang selama kurun waktu 7 (tujuh) bulan lamanya, PLN Distribusi Jawa Timur, tepatnya Rayon Probolinggo Area Pasuruan, membangun PLTD dengan kapasitas lebih besar yaitu 3×500 kW, Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang 2.400 kms dan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 4.400 kms untuk dapat menyalurkan aliran listrik kepada 2.400 pelanggan yang telah ada di Gili Ketapang berbuah manis. Kini, Pulau Gili Ketapang dapat menikmati listrik selama 24 jam,” kata Dwi Kusnanto sebagaimana disampaikan Pinto Raharjo,
Deputi Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Timur, Kamis (22/02/2018).

Ditambahkan, aliran listrik selama 24 jam ini sangat diharapkan oleh masyarakat Pulau Gili Ketapang yang memiliki potensi wisata pantai dan snorkeling yang indah.

“Ini sebagai wujud kerja nyata terangi negeri, PLN hadir untuk mendukung pemerataan pembangunan dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar. Di sisi lain, dengan kapasitas PLTD yang cukup memadai sekarang ini, PLN mampu melayani potensi 600 pelanggan yang belum teraliri listrik di Pulau Gili Ketapang, sehingga seluruh masyarakat Pulau Gili Ketapang dapat menikmati listrik dari PLN,” papar Pinto. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *