Gubernur Khofifah Lantik Bupati Trenggalek M Nur Arifin

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Wakil Bupati Trenggalek M Nur Arifin secara resmi naik jabatan sebagai Bupati Trenggalek, setelah dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjadi Bupati Trenggalek di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (28/9/2019).

Nur Arifin menggantikan posisi Bupati Emil Elestianto Dardak yang kini menjadi Wakil Gubernur JawaTimur periode 2019/2024. Dalam Pilkada Jatim 2018 lalu, Emil bersama Khofifah terpilih menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur Jatim, mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

“Jabatan pak Emil menjadi bupati Trenggalek sangat singkat. Namun gerakan pak Emil sangat luar biasa. Sekarang pak Emil menjadi wakil gubernur,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Selama dipimpin Emil dan Nur Arifin, prestasi Trenggalek cukup bagus. Berbagai penghargaan tingkat nasional diraihnya. Diantaranya, penghargaan dibidang tatanan-layanan kesehatan, piala Adipura katagori kota kecil dan beberapa penghargaan lainya.

Sesuai perundang undangan, jika terjadi kekosongan wakil bupati, wakil walikota, wakil gubernur dengan rentan waktu18 bulan, maka kekosongan tersebut bisa di proses dan di isi. Karena itu, DPRD bersama Pemkab Trenggalek untuk segera memproses  wakilnya.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah secara khusus meminta agar Bupati dengan kewenangannya melakukan optimalisasi keuangan daerah dan optimalisasasi pembangunan daerah. Saat ini, pembangunan sudah berbasis kewilayahan.

Di Malang telah terjadi kristalisasi dengan penyebutan Malang Raya. Di Malang ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), tapi KEK ini masih di topang oleh Kabupaten Malang. “Saya kepengen di Karisidenan Kediri  juga dibikin hal serupa dengan konteks yang berbeda,” ujarnya.

Ketua Umum Muslimat ini juga berpesan agar Bupati Nur Arifin untuk memperhatikan pertumbuhan ekonomi, Indek Pembangunan Mnusia serta menurunkan angka  kemiskinan. “Catatan kami angka kemiskinan di Jatim masih tinggi  yaitu 15,2 persen,” tandasnya. (wah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *