Danlantamal V Pimpin Upacara Sertijab Danlanal Tegal

oleh
Istimewa

Surabaya, Kilasjatim: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Danlantamal V) Laksma TNI Tedjo Sukmono, memimpin upacara Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Tegal dari Letkol Laut (P) Agus Haryanto, kepada Letkol Marinir Ridwan Azis.

Pada upacara yang digelar di Lapangan Apel Mako Lanal Tegal ini, tampak hadir Walikota Tegal, Walikota Pekalongan, Bupati Tegal, Bupati Pekalongan, Bupati Brebes, Bupati Pemalang dan Bupati Batang. Kemudian para Asisten Danlantamal V, Ketua DPRD Tegal, Danbrigif-4/Dewa Ratna, Forkompida Tegal, Toga, Tomas, dan tamu undangan lainnya.

Menurut Danlantamal V menurut rilis yang diterima, Upacara Sertijab pada hakikatnya merupakan simbol pelimpahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan sekaligus sebagai bagian dari proses pembinaan organisasi dan personel.

Oleh sebab itu pada setiap upacara serah terima jabatan, tidak saja dimaknai sebagai acara seremonial, namun teriring harapan agar dapat mewujudkan postur dan tampilan organisasi yang senantiasa meningkat dari waktu ke waktu.

Posisi geografis wilayah kerja Lanal Tegal di sepanjang pantai utara jawa lanjutnya, meliputi dua Kotamadya dan lima Kabupaten, terbentang mulai dari Kabupaten Brebes sampai dengan Kabupaten Batang menuntut adanya kesiapsiagaan dan pengawasan yang lebih terhadap kemungkinan timbulnya ancaman dan kerawanan berupa tindak pidana tertentu lewat laut.

Menyikapi kondisi tersebut, Danlantamal V berharap agar Lanal Tegal mampu berperan lebih aktif di garis terdepan dalam setiap upaya penanggulangan gangguan keamanan dan penegakan hukum lewat laut. Sekaligus mampu menjadi motivator dan dinamisator dalam pembangunan kelautan, guna ikut mewujudkan wilayah tanggung jawabnya sebagai kota bahari.

“Kita menyadari bahwa terlaksananya tugas pokok tersebut, tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, instansi militer/polri, instansi sipil, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha serta segenap lapisan masyarakat,” ujarnya, Kamis, 24/10/2019.

Untuk itu Danlantamal V berpesan kepada Danlanal Tegal yang baru, agar selalu meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait di wilayahnya, serta pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, untuk keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Lanal Tegal.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota / Kabupaten Tegal, Pemalang, Brebes, Batang dan Jajarannya, Instansi Pemerintah Lainnya serta semua pihak yang telah bekerja sama mendukung Lanal Tegal dalam pelaksanaan tugasnya,” tutup Tedjo. (KJ1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *