Bupati Gresik Pimpin Upacara Hari Santri 2019

oleh
Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat menjadi Pembina upacara pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019. (Ist).

KILASJATIM.COM, Gresik – Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menjadi Pembina upacara pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2019. Kepala Kemenag Gresik, Markus bertidak sebagai komandan upacara.

Peringatan hari Santri yang berlangsung pada Selasa 22 Oktober 2019 di Halaman Kantor Bupati Gresik Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo diikuti oleh sekitar 500 peserta. Tampak seluruh peserta upacara mengenakan busana muslim dan Muslimah ala santri.

Dalam sambutannya Bupati membacakan pidato tertulis Menteri Agama RI yang ditulis oleh Sekjen Kementerian, M. Nur Kholis Setiawan. Bupati mengatakan penetapan hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad.

“Fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan,” katanya.

BACA JUGA: PT Pertagas Kebut Selesaikan Jaringan Pipa Gas Gresik-Semarang

Beberapa tema Hari Santri sejak tahun 2016 yaitu dari Pesantren untuk Indonesia. Tahun 2017, Wajah Pesantren Wajah Indonesia, tahun 2018 bersama Santri Damailah Negeri.

Selanjutnya pada hari santri tahun 2019 kali ini mengusung tema, Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Kami menganggap Pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian.

“Kita patut bersyukur pada Hari Santri Tahun 2019 kali ini, telah lahir Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. Pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya,” papar Sambari.

Tampak di kursi undangan Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim, Ketua MUI Gresik, KH. Mansyur Shodiq, seluruh anggota Forkopimda, Kepala OPD Pemkab Gresik dan perwakilan dari berbagai pengurus organisasi agama dan masyarakat di Gresik.

BACA JUGA: Melalui DBHCHT, Distan Gresik Kembangkan 18 Ha Tanaman Tembakau

Para peserta upacara yaitu Santri ASN Pemkab Gresik, Santri Kantor Kemenag Gresik, Santri GP Ansor, Santri Banser, Santri Kokam Muhammadiyah, Santri Pemuda Muhammadiyah, Santri LDII Gresik, Fatayat, Muslimat, Aisiyah serta santri pelajar SMA Negeri I Gresik, SMA NU I dan II Gresik, Santri MAN I dan II Gresik dan SMA Muhammadiyah I Gresik. (*/kj1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *