Bangun Potensi Sektor Kemaritiman, Komandan Lantamal V Audiensi Bupati Lamongan

oleh
Istimewa

Lamongan, Kilasjatim: Indonesia adalah bangsa maritim, kesadaran ini perlu dibangun bahwa potensi besar sektor kemaritiman bisa mensejahterakan rakyat bangsa ini, tak terkecuali Kabupaten Lamongan yang juga memiliki wilayah laut yang bisa memberikan sumbangan besar bila diberdayakan maksimal.

Hal itu diungkapkan dalam Audiensi Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Edwin dengan Bupati Lamongan H. Fadeli yang digelar di Pendapa Pemda Lamongan.

Dalam Audiensi bertajuk pemanfaatan dan pengembangan potensi maritim tersebut, Danlantamal V didampingi Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, Aspotmar Danlantamal V Kolonel Laut (P) Atmu Edi, Kadispotmar dan Paban Fasduk Slog Lantamal V.

Sementara itu Bupati Lamongan didampingi Sekda Kabupaten Lamongan,Asisten II Ekbang Kab. Lamongan, Kepala Bappeda Kab. Lamongan, Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Lamongan dan Kadis Pendidikan Kab. Lamongan.

Bupati Lamongan diawal pertemuan mengucapkan selamat datang kepada Danlantamal V beserta Staf di Kantor Bupati Kab Lamongan. Fadeli -sapaana akrab orang nomor satu di jajaran Pemkab Lamongan ini mengatakan bahwa potensi perikanan di Lamongan sangat besar, sehingga perlu adanya pengelolaan yang baik, sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Untuk itu lanjutnya, Pemkab Lamongan minta dukungan dari pihak TNI AL dalam hal ini Lantamal V untuk pembangunan sekolah sekolah SMK kemaritiman, untuk membentuk dan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik dan memiliki visi kemaritiman.

Selain itu, bagi nelayan nelayan lokal yang beroperasi di wilayah perairan Lamongan dan sekitarnya, mohon untuk dibantu dalam pembinaannya dan kemudahan dalam perizinan penangkapan ikan bagi nelayan. Ia juga berkomitmen untuk memfasilitasi dan membangun Infrastrukur bagi nelayan.

Sementara itu Danlantamal V menyambut baik upaya Bupati Lamongan yang memberikan perhatian besar pada pembangunan sektor kemaritiman, termasuk didalamnya mengembangkan potensi nelayan dan meningkatkan kesejahteraannya.

Upaya ini lanjutnya, sejalan dengan tugas dan fungsi Pangkalan TNI AL dalam pemberdayaaan wilayah maritim diwilayah kerjanya, turut menata wilayah kerja pertahanan dan program kedepan adalah mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat melalui pembinaan masyarakat desa pesisir.

Menurutnya, nelayan dapat terus dibina dalam mengembangkan budidaya perikanan yang punya nilai jual tinggi dan 10 % dari hasilnya, dilepas kembali ke alam agar ekosistem tetap terjaga.

“Potensi maritim di wilayah Lamongan sangat besar, sehingga dipandang perlu adanya fasilitas pangkalan TNI AL di wilayah Lamongan. Dan kami mendukung dan akan bekerjasama dalam pembangunan SMK kemaritiman di wilayah Lamongan untuk penyiapan SDM kemaritiman,” pungkasnya, Senin, 11/3/2019. (KJ1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *