Yatim Mandiri Sambut Bulan Berkah dengan Menebar Kebaikan

oleh -349 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Setelah beberapa tahun lalu aktivitas Ramadan dibatasi karena pandemi, tahun ini masyarakat Indonesia sudah bisa menyambut Ramadan penuh suka cita.

Bulan suci ini masyarakat kembali bisa menjalankan aktivitas Ramadan secara normal seperti biasanya. Oleh karena itu, pada Minggu (19/3/2023), Yatim Mandiri (YM) menggelar Tarhib Ramadan 1444 H yang berlangsung di Taman Bungkul, Surabaya.

Acara ini digelar sebagai wujud syiar kebaikan, mengajak masyarakat
untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadan. Tarhib Ramadan ini diawali dengan fun walk di Jalan Raya Darmo, Surabaya yang
dibuka oleh Direktur Utama Yatim Mandiri, Andiyas Eko Vantofy.

Serta dimeriahkan oleh Parade Drumband Binaan Sanggar Genius Yatim Mandiri, Perkusi Teras Warna dan Superhero Beramal. Tak hanya itu, YM juga membuka cek kesehatan gratis bagi warga. Pada kesempatan ini juga, YM memperkenalkan maskot Zaki dan Amila.

Direktur Utama Yatim Mandiri, Andriyas Eko Vantofy menyampaikan bahwa, tagline atau program #TebarKebaikanRamadan yang diusung oleh Yatim Mandiri kali ini bertujuan untuk mensyiarkan kebaikan, mengajak masyarakat untuk terus menebar kebaikan di bulan suci.

Salah satunya dengan sama-sama berkolaborasi untuk membahagiakan anak yatim dan dhuafa di bulan Ramadan. Ia menjelaskan bahwa, program #TebarKebaikanRamadan ini terdiri dari 12 pilar program, yang nantinya penerima manfaat dari program ini adalah anak-anak yatim dan dhuafa serta keluarga yatim dan dhuafa di Indonesia.

Sedangkan untuk zakat fitrah dan maal, Yatim Mandiri akan mendistribusikan kepada 8 asnaf zakat di Indonesia.
Lebih jelasnya ia juga menyebutkan 12 program #TebarKebaikanRamadan, yaitu Khatmil Quran Bareng Yatim, Gerakan Bersih Masjid (GERSID), Buka Puasa Ceria, Pesantren Ramadan Kreatif, UMKM Ramadan, Ramadan Peduli Mualaf, Tebar Paket Lebaran, Belanja Bareng Yatim, Mudik Santri Penghafal Quran, Hadiah Lebaran Yatim, THR Guru Yatim dan Dhuafa, dan Zakat Fitrah.

Program ini akan dilaksanakan serentak di 50 kantor layanan Yatim Mandiri di Indonesia. Andriyas Eko Vantofy juga menginformasikan bahwa, tahun lalu YM telah mendistribusikan program Ramadan kepada 65.528 penerima manfaat di 12 provinsi atau 50 kota di Indonesia.

“Alhamdulillah, Ramadan tahun ini bersamaan dengan Tarhib ini juga, telah diawali dengan kolaborasi penandatanganan MOU #TebarKebaikan Ramadan bersama Bank Mandiri dan Bank CIMB Niaga Syariah. Semoga dengan kolaborasi ini, nantinya dapat lebih meluaskan manfaat dan berkah,” tutur Andriyas Eko V.

Turut hadir dalam acara Press Conference Manager Ritel Yatim Mandiri Surabaya, sekaligus koordinator Aktivasi Ramadan, Muhammad Ali Rosyidi. Ia menyampaikan bahwa, selama bulan Ramadan nanti, Yatim Mandiri akan menggelar beberapa event, antara lain Kick of Khotmil Quran Bareng Yatim, adalah program bimbingan dan motivasi kepada binaan YM untuk bisa menyelesaikan atau menuntaskan tilawah Quran hingga khatam selama bulan Ramadan.

Milad Ke-29 Yatim Mandiri dan Public Expose akan berlangsung pada Jum’at (31/3/2023), di Atrium Royal Plaza Surabaya. Acara ini bertajuk 29 Tahun Menebar Kebaikan.

Dimeriahkan dengan talkshow Peran Lembaga Zakat dan Manfaat Zakat untuk Membantu Mengentaskan Kemiskinan. Serta turut menghadirkan cerita 29 binaan Yatim Mandiri yang berhasil mandiri sebelum usia 29 tahun.

YM juga akan mengadakan konser amal dengan menghadirkan penyayi, stand up comedy dan grup perkusi, serta lelang untuk kebaikan. Sebagai penutup rangkaian Milad dan Public Expose Yatim Mandiri akan melaksanakan belanja bareng dan buka puasa ceria bersama anak yatim.

Selama bulan suci, YM juga menggelar Kelas Tahsin Online. Kelas Tahsin Online ini adalah program dakwah, bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam belajar membaca Alquran secara baik dan benar.

Kelas Tahsin Online ini akan berlangsung sebanyak 12x pertemuan. Dibina oleh Lembaga Pendidikan Quran Nurul Falah Surabaya, Ustadz Bilal Attaki, dan Ustadz Rizky Sabroni.

“Yatim Mandiri juga menggelar Event Online Kajian Ramadan memperingati Nuzulul Quran dan menyambut Lailatul Qodar. Berkolaborasi dengan ustadz Nasional Salim A Fillah, yang akan disiaran langsung melalui sosial media Yatim Mandiri. Tentunya Yatim Mandiri mengajak serta seluruh masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam event-event ini,” ajak M Ali Rosyidi.

Selama acara berlangsung juga dibuka Layanan Kesehatan Gratis. Layanan Kesehatan Gratis ini berkolaborasi dengan Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (RS DKT) Gubeng Pojok, Surabaya. Melayani pemeriksaan tensi darah, gula darah, asam urat, dan kolestrol.

Relawan Kemandirian Yatim Mandiri juga menggelar Gerakan Bersih Masjid (GERSID) Taman Bungkul Surabaya. Harapannya, melalui acara Tarhib ini, masyarakat bisa turut serta berkolaborasi bersama Yatim Mandiri untuk terus #TebarKebaikanRamadan. (rie)

No More Posts Available.

No more pages to load.