XL Axiata Dukung Pariwisata Pasang Fiberisasi Jaringan Diseluruh Jawa Timur

oleh -1.241 views
Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit (tengah) saat memaparkan keberhasilan XL Axiata melaksanakan fiberisasi jaringan di Jawa Timur untuk mendukung pariwisata daerah, di acara Media Gathering di Surabaya,  Selasa (17/12/2019).

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung pembangunan daerah Jawa Timur, termasuk pengembangan industri pariwisata di seluruh wilayah provinsi. Dukungan tersebut diwujudkan dengan melaksanakan fiberisasi jaringan di seluruh Jawa Timur.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, pembangunan yang berbasis pariwisata di Jawa Timur cukup besar dan ekspansif. Beberapa agenda besar juga sudah ditetapkan oleh beberapa pemerintah daerah.

“Kami sebagai operator tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi nyata dengan menyediakan jaringan terbaik. Pengembangan industri pariwisata tersebut juga akan membuka peluang secara bisnis, sehingga kami pun sangat antusias untuk meningkatkan kualitas jaringan antara lain dengan fiberisasi,” kata Bambang di acara Media Gathering di Surabaya Selasa (17/12/2019)

Terlebih lagi, di sepanjang tahun Jawa Timur menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf nasional dan internasional, yang membutuhkan dukungan infrastruktur layanan data yang memadai.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit (tengah) saat acara Media Gathering di Surabaya,  Selasa (17/12/2019).

Ditambahkan Bambang, proses fiberisasi sudah dilaksanakan di sebagian besar wilayah Jawa Timur dan tidak lama lagi seluruh jaringan XL Axiata di wilayah ini akan terfiberisasi, termasuk Surabaya sebagai kota terbesar sekaligus ibukota provinsi Jawa Timur.

Menurutnya, pembangunan jaringan layanan data di Jawa Timur juga disesuaikan dengan arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah setempat. Fiberisasi ini juga perlu XL Axiata laksanakan karena pertumbuhan trafik data yang cukup tinggi di seluruh Jatim.

Untuk tingkat kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur, sudah hampir seluruh jaringan data yang ada telah dilakukan fiberisasi, termasuk daerah tujuan wisata utama seperti Surabaya, Telaga Sarangan di Magetan, Gunung Bromo di Probolinggo, JatimPark di kota Batu, dan Pantai-pantai serta Gunung Ijen di Banyuwangi.

“Dalam setahun terakhir, trafik data di seluruh Jawa Timur meningkat sekitar 60%. Jumlah pelanggan data juga terus meningkat, dan saat ini mencapai sekitar 82% dari total pelanggan di provinsi ini,” imbuhnya.

BACA JUGA: CEO XL Axiata Raih “Apresiasi Perempuan Hebat Indonesia 2019”

Langkah strategis ini juga searah dengan upaya memaksimalkan kualitas layanan data mengingat trafik penggunaan layanan data oleh pelanggan di seluruh wilayah Jawa Timur terus mengalami peningkatan. Diharapkan dengan fiberisasi, maka kapasitas jaringan data XL Axiata bisa diperbesar sehingga akan bisa menopang kebutuhan pelanggan perorangan dan dunia usaha, termasuk untuk mendukung pengembangan industri wisata dan ekosistemnya.

Siap layani libur akhir tahun

Dengan jaringan yang telah terfiberisasi, Bambang menegaskan, XL Axiata juga siap melayani para pelanggan yang akan menikmati liburan akhir tahun di berbagai tempat wisata populer di Jawa Timur, antara lain Surabaya, Malang, Batu dan Banyuwangi.

Tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 80 % dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15 % di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.

Saat ini XL Axiata di Jawa Timur memiliki pelanggan sebanyak 5,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 11.000 BTS termasuk lebih dari 6.500 BTS 3G dan lebih dari 4500 BTS 4G.

BACA JUGA: XL Axiata – BCC Pelatihan Digital Untuk Perempuan Dorong Produktifitas UKM Di Jatim

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 38 kota/kabupaten. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (kj2)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.