Waspada Corona, Okupansi Hotel Turun Hingga 35%

oleh
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparta) Jawa Timur, M. Sinarto.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat, jumlah okupansi atau hunian kamar hotel kurang dari 35 persen secara nasional. Angka itu, berdasarkan catatan dari rata seluruh Provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparta) Jawa Timur, M. Sinarto menuturkan, per tanggal 14 Maret 2020 rata rata jumlah hunian hotel di seluruh Indonesia menurun tajam, pasca meluasnya wabah virus corona atau covid – 19.

“Dari PHRI itu tanggal 14 kemarin, kurang dari 35 persen, dari PHRI Nasional, kalau dikalkulasi seluruh Provinsi. Di Jawa Timur itu kurang dari 35 persen (juga),” ujarnya, Sabtu (21/3/2020).

BACA JUGA: RedDoorz Wadahi Komunitas Berkompetisi Lewat Ajang RedCommunity Kickoff East Java 2020

Bahkan, pelaku usaha perhotelan maupun penginapan yang ada di Jatim, Surabaya khususnya, mengeluh turunnya jumlah tamu yang menginap. Dimana seminggu terakhir ini ada yang mengaku tingkat okupansinya kurang dari 20 persen. “Ada pengakuan salah satu Hotel, tidak kurang dari 20 persen (hunian),” tambahnya.

Pembatasan interaksi atau penerapan social distancing, pembatasan keramaian, serta penutupan sejumlah lokasi wisata dan pembatasan aktivitas keluar kota bahkan keluar negeri, secara otomatis mempengaruhi usaha mereka.

“Ya harusnya dulu tuh sekitar 80 persen keatas (huniannya) pengurangannya sangat drastis,” tandasnya. (kominfo/kj9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *