Waspada Corona, BPBD Jatim Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Masjid Al Akbar

oleh -1.447 views
Petugas BPBD Jatim yang dilengkapi dengan peralatan penyemprotan dan berpakaian putih pelindung diri berkeliling melakukan penyemprotan di seluruh area ibadah Masjid Al Akbar Surabaya (MAS), Selasa (17/3).

KILASJATIM.COM, Surabaya  – Untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Disease (COVID)19, Pelaksana Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya bersama Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area ibadah.

Sebanyak enam orang dari BPBD Jatim yang dilengkapi dengan peralatan penyemprotan dan berpakaian putih pelindung diri berkeliling melakukan penyemprotan di seluruh area ibadah Masjid Al Akbar Surabaya (MAS), Selasa (17/3).

Penyemprotan diawali dari area pengimaman, area mimbar khotib ceramah sholat Jumat, dilanjutkan dengan seluruh area lantai tempat sholat dan diteruskan ke berbagai ruangan di MAS. Petugas tersebut juga dibantu dengan 50 personel BPBD Jatim yang membersihkan berbagai peralatan ibadah yang memungkinan sebagai media penyebaran.

Sekretaris Pelaksana Pengelola MAS, Helmy M Noor mengatakan dalam menghadapi COVID 19,MAS bersama BPBD Jatim melakukan dua upaya yaitu upaya pencegahan dengan melakukan bersih-bersih dan penyemprotan desinfektan dalam area ibadah masjid dan upaya kebathinan dengan melakukan doa bersama.

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Blitar Gelar Gladi dan Temu Relawan Tanggap Bencana   

“Ada dua ikhtiar yang kami lakukan, ikhtiar dhohir (nyata) dan ikhtiar bathin, ikhtiar dhohir antara lain penyemprotan desinfektan, penyediaan pembersih tangan, dan pengadaan masker. Sedangkan ikhtiar bathin dengan para imam berdoa secara khusus agar masyarakat Jawa Timur terbebas dari Corona,” ujarnya.

Sebelumnya, Masjid Al Akbar juga menggelar apel siaga menghadapi Virus Corona, mulai mencuci karpet, mencuci tangan hingga bersih dan menempatkan fasilitas-fasilitas cuci tangan hingga membersihkan sanitasi.

“Setidaknya ada 1.255 karpet dengan panjang 6 meter yang dicuci dan dijemur dalam kegiatan tersebut. Dan mulai hari ini, tidak ada karpet di ruang salat Masjid Al Akbar,” pungkasnya. (kominfo/kj9)

No More Posts Available.

No more pages to load.