Wagub Emil Dukung Unisma Malang Wujudkan Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

oleh -210 Dilihat

Padukan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Fondasi Islam

KILASJATIM.COM, Malang – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung upaya Universitas Islam Malang (UNISMA) menuju kampus bertaraf internasional.

Perpaduan ilmu pengetahuan, teknologi dan fondasi Islam yang rahmatan
lil’alamin berhaluan Ahlussunah Wal Jamaah Nadliyah, diharapkan mampu mewujudkan UNISMA sebagai kampus swasta Islam bertaraf internasional.

“UNISMA menjadi salah satu icon kebangsaan kita dan bagaimana menjajaki akreditasi internasional. Artinya ada makna bukan saja tempat baik secara fisik dan lokasi, tetapi
menjadi tonggak kebanggan kita semua utamanya warga Nahdliyin yang sudah melakukan ikhtiar dan perjuangan,” kata Wagub Emil setelah menghadiri acara pernikahan putri KH Marzuqi Mustamar di Gedung UNISMA Malang, Minggu (21/5/2023).

Untuk mewujudkan itu, Wagub Emil mengatakan saat ini Unisma sedang menerapkan program akselerasi milestone entrepreneurial university menuju World Class University. Program tersebut, kata dia, saat ini berada pada tahapan milestone entrepreneurial University. Artinya mengakselerasikan berbagai program kegiatan akademik dan non akademik yang mana fokusnya adalah menyiapkan lulusan entrepreneur muda yang kreatif, inovatif, unggul dan berdaya saing global.

“Tentu semua hal itu bisa terwujud apabila didukung peningkatan sumber daya manusia yang multi kompetensi, integritas keilmuan dan moralitas yang kokoh serta unggul,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wagub Emil menegaskan bahwa UNISMA secara nyata ingin mewujudkan entrepreneurial university. Terbukti, UNISMA Malang melakukan ekspansi ke beberapa negara dalam rangka kerjasama dengan perguruan tinggi dan industri luar negeri, antara lain Korea Selatan, Taiwan dan Malaysia.

“Langkah ini mempertegas sekaligus menerjemahkan slogan UNISMA Malang, dari NU untuk Indonesia dan Peradaban dunia serta mewujudkan kampus bertaraf internasional di tahun 2027,” tegasnya.

Wagub Emil pun berharap, rencana serta aksi nyata yang sudah dilakukan UNISMA Malang dalam mewujudkan kampus akreditasi internasional dapat terwujud. Apalagi berdasarkan versi Kemendikbud tahun 2020, UNISMA Malang peringkat 33 Top Islamic University di dunia tahun 2022 dan peringkat 1 perguruan terbaik Nahdatul Ulama se Indonesia dan PTS terbaik se Malang Raya.

“Selain itu, versi Kemendikbud tahun 2020 UNISMA peringkat 44 PTN-PTS terbaik se-Indonesia dari 4.593 PTN-PTS serta PTS terbaik se Indonesia dari 4.034 PTS,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UNISMA Malang Prof Maskuri menambahkan, beberapa bentuk kerjasama internasional dalam tridharma perguruan tinggi yang dapat dilakukan antara perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri.

“Kerjasama internasional semacam ini dapat membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka sekaligus mempersiapkan mahasiswa agar kompetitif di pasar kerja global,” tegasnya.

Sebagai informasi, Wagub Emil menghadiri pernikahan ketiga putri KH Marzuqi Mustamar di Gedung UNISMA Malang. Dirinya mengucapkan terima kasih karena peran ulama sangat
membantu Pemprov Jatim dalam menjalankan tugas.

“Kami juga bahagia karena para ulama
dan Pemprov Jatim selama ini sengkuyung kepada kami dalam menjalankan tugas sehingga menjadi Istiqomah,” ungkapnya.

“Kebahagiaan kami semua. Ketiga putri dan putri panjenengan menjadi keluarga besar yang selalu dilimpahkan kasih dan Rahmat Allah,” imbuhnya. (bkj)

No More Posts Available.

No more pages to load.