Wabup Probolinggo Pimpin Apel Kesiapsiagaan PB dan Pelayanan Kesehatan  

oleh
Wabub Probolinggo memeriksa pasukan.

KILASJATIM.COM, Probolinggo  – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Drs. HA. Timbul Prihanjoko memimpin apel kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana (PB) dan pelayanan kesehatan dalam rangka Hari Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Jumat (20/12/2019) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul juga melakukan pengecekan pada kelengkapan sarana prasarana yang tersedia dan personel di tengah-tengah apel kesiapsiagaan. Turut mendampingi Wabup Timbul dalam kesempatan tersebut Wakapolres Probolinggo, Kompol Agung Setiono dan Kapten Czi Dulmajit selaku Danramil Tiris.

Kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan TNI/Polri dari Polres Probolinggo dan Dandim 0820 Probolinggo.

Apel kesiapsiagaan ini diikuti oleh personil dari Polres Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo, Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Damkar Kabupaten Probolinggo, Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo, Orari, Pramuka, Tagana, PMI dan Tim Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

BACA JUGA: Dispendik Probolinggo Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Selain itu, apel kesiapsiagaan tersebut juga melibatkan 33 puskesmas, 6 (enam) rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo maupun non Pemerintah Kabupaten Probolinggo (swasta) yang dikomandani oleh Ipda H. Wiyono, Kanit Sabhara Polsek Pajarakan.

Apel kesiapsiagaan ini dilakukan setiap tahun yang berperan penting dalam memberikan keamanan pada situasi Hari Natal dan Tahun Baru. Dimana kegiatan ini mengandung implikasi positif untuk saling lebih mengenal dan memahami tupoksinya masing-masing. Harapannya melalui apel inilah dapat tercipta interaksi dan komunikasi yang merupakan prasyarat dalam mewujudkan tatanan sosial yang kondusif, aman, dan tentram.

Wakil Bupati Probolinggo, Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan apel kesiapsiagaan ini sebagai wujud kesiapsiagaan dalam mendukung kelancaran dan keamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun baru 2020. Dimana momentum peringatan Natal dan Tahun Baru bersamaan cuti bersama dan libur sekolah akan berdampak meningkatnya lalu lintas yang menggunakan akses jalan.

“Pada tahun 2019 ini, pengamanan Natal dan Tahun Baru lebih menitikberatkan pada operasi kemanusiaan. Selain mengantisipasi terjadinya aksi terorisme, juga mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah. Aparat keamanan TNI/Polri dapat mendeteksi adanya ancaman tersebut dengan mengerahkan seluruh sumber daya dan peralatan yang dimiliki. Lembaga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan lembaga sosial masyarakat selalu mewaspadai terjadinya bencana alam,” katanya.

BACA JUGA: DKPP Probolinggo Evaluasi Program DBHCHT 2019

Wabup Timbul menegaskan, sinergitas, komunikasi dan koordinasi harus lebih ditingkatkan. Semua pihak harus membuang ego sektoral saat penanganan bencana yang merupakan tanggung jawab bersama. “Dengan kerjasama yang baik akan mempermudah tugas dalam memberikan pengamanan dan penanggulangan bencana,” pungkasnya. (hms/kj18)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *