Wabup Bondowoso Pastikan Hak Balita Yatim Piatu di Banyuwulu Terpenuhi

oleh -714 views

 

KILASJATIM.COM, BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, memastikan hak balita yatim piatu di Desa Banyuwulu Kecamatan Wringin terpenuhi. Hal itu diungkapkan saat dia memberikan bantuan langsung, Rabu (25/8/2021).

Wabup mengatakan, beberapa waktu lalu ia mendapat informasi balita yatim piatu bernama Veronika dari salah seorang anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Bondowoso.

“Teman-teman wartawan ini selalu rajin kalau ada hal-hal yang berkenaan disalah satu desa. Entah itu anak yatim, rumah tidak layak huni, rumah warga miskin yang sudah tidak layak. Itu dikirimnya pasti ke saya,” ujarnya.

Dalam kunjungan kali ini, Wabup memperoleh informasi bahwa Veronika belum memiliki catatan kependudukan. Mulai akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Pihaknya kemudian memerintahkan kepada dinas terkait lainnya, untuk berkoordinasi dengan Dinsos tujuan mengatasi hal itu.

Selain itu, ia juga memerintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, untuk mengusahakan pendidikan gratis bagi yang bersangkutan.

“Bahkan diharapkan hingga perguruan tinggi biaya pendidikannya terjamin oleh pemerintah,” jelas Politisi PDI Perjuangan itu.

Menurutnya, Veronika dan Alfin, kakaknya. Mendapatkan jaminan pendidikan hingga perguruan tinggi, dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah.

“Sudah ada dokumennya. Siapa pun nanti yang memimpin Bondowoso, mereka tetap dijamin sampai perguruan tinggi,” jelasnya.

Pihaknya menyarankan, jika ada kasus serupa maka pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten, harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk ikut membantu.

“Bahkan, ketika ada tanah negara yang bisa dikelola, bisa dialokasikan kepada masyarakat miskin. Dengan menyertakan Surat Keterangan Kepala Desa (SKKD) dan dilaporkan kepada pihak kecamatan. Berikan ke camat, nanti saya akan fasilitasi di BPN,” tegasnya. kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.