Unusa Termasuk 58 PTN PTS Indonesia Terbaik

oleh -259 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Di lingkungan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menduduki posisi nomor 1 di tahun 2023 ini, dan nomor 9 di tingkat Jawa Timur, serta tercatat masuk ke dalam peringkat 58 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan itu baru saja dipublikasikan oleh Scimago Institutions Rankings (SIR). Scimago yang juga berkolaborasi dengan Elsevier dalam penerbitan jurnal-jurnal terkemuka di dunia, mendasarkan pemeringkatan itu pada tiga indikator utama, yaitu kinerja penelitian (research, berbobot 50%), inovasi (innovation, berbobot 30%), dan dampak sosial (societal, berbobot 20%).

SIR mengumumkan 59 PTN/PTS terkemuka di Indonesia berdasarkan tiga Indikator utama tersebut. Pada laporan itu, SRI menempatkan Universitas Indonesia diperingkat pertama, dan Unusa di peringkat ke 58 pada tahun 2023 ini.

Atas masuknya Unusa ke dalam jajaran PTN/PTS terkemuka di Indonesia, Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan mengungkapkan rasa syukurnya. “Kita bersyukur, dalam usia 9 tahun, Unusa telah masuk menjadi salah satu PTN/PTS terbaik di Indonesia versi Scimago. Terbaik 9 di Jawa Timur, dan Nomor 1 di LPTNU. Capaian ini menunjukkan bahwa perhatian yang sangat besar Unusa di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam tahun-tahun belakangan telah membawa hasil. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah publikasi dosen Unusa di jurnal-jurnal bereputasi internasional terindeks scopus meningkat tajam,” terang Kacung Marijan, Minggu (26/3/2023).

Meskipun demikian, Kacung Marijan juga mengingatkan kepada sivitas akademika Unusa untuk tidak cepat berpuas diri, melainkan terus memperbaiki diri, khususnya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Kita ingin Unusa menjadi salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara di masa mendatang, dan untuk mencapai hal itu jelas tidak mudah. Tetapi, semoga Unusa diberi jalan dan kemudahan menuju arah itu,” tutup Kacung Marijan.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Penerima Beasiswa OSC Medcom Ini, Lulus Cumlaude dari Unusa