Ubaya Wakili Indonesia pada NAFSA Conference & Expo 2023 di Amerika Serikat

oleh -249 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) dipilih Kemendikbudristek jadi salah satu perguruan tinggi yang mewakili Indonesia pada NAFSA Annual Conference & Expo 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat, pada 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Dari website Kemendikbud (sumber : dikti.kemdikbud.go.id ), NAFSA merupakan asosiasi nirlaba para pendidik tingkat dunia terbesar yang berdedikasi memajukan pendidikan global dan networking pendidikan secara internasional. Tidak kurang 10.000 anggota dari 3.500 institusi pendidikan yang berasal dari 160 negara tergabung dalam asosiasi tingkat dunia ini.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menggandeng 14 perguruan tinggi di Indonesia sebagai delegasi untuk turut berpartisipasi pada NAFSA tahun ini. Salah satunya Ubaya.

Ditunjuknya Ubaya sebagai delegasi dikatakan Rektor Ubaya, Dr. Benny Lianto, merupakan bentuk kepercayaan sekaligus apresiasi pemerintah terhadap berbagai pencapaian Ubaya. “Tentu ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami. Ubaya telah aktif dalam kegiatan yang dilakukan Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu pencapaiannya adalah Ubaya menjadi PTS dengan skor pelaksanaan MBKM tertinggi se-Indonesia tahun 2022,” terang Benny Lianto.

Kesempatan mewakili Indonesia dalam NAFSA dimanfaatkan Ubaya untuk memperkuat kerja sama internasional. Kerja sama yang telah dilakukan adalah menjalin networking dengan University of Pisa, Italia. “Kegiatan ini sekaligus menjadi peluang bagi Ubaya untuk mendapatkan berbagai insight dalam pengelolaan perguruan tinggi terkini,” ujar Benny.

Benny menambahkan, ke depannya Ubaya akan mendorong pelaksanaan program MBKM dengan institusi luar negeri yang diajak kerjasama dari pameran NAFSA. Bentuk implementasinya melalui kegiatan pertukaran pelajar, magang, pertukaran dosen, serta riset dosen.(tok)

Baca Juga :  Ganjar Pranowo Ingatkan Mahasiswa Siap Hadapi Tantangan Menuju Indonesia Emas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News