TJSL PGN SOR III Kembangkan Kelompok UMKM Desa Kedungturi Dengan Pelatihan Digital Marketing dan Packaging

oleh -367 Dilihat

KILASJATIM. COM, Sidoarjo – PT Perusahaan Gas Negara Tbk – Sales and Operation Region III (PGN SOR III) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat, PT PGN SOR III melaksanakan kegiatan pelatihan digital marketing dan packaging bagi kelompok UMKM di Desa Kedungturi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Jumat lalu (14/06/2024).

Area Head PGN SOR III Sidoarjo Mohammad Makki mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM lokal dalam era digital, sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial untuk bisnis, hingga pentingnya kemasan yang menarik dan fungsional.

“Melalui program TJSL ini, PT PGN SOR III berharap dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Kedungturi. Selain pelatihan, PT PGN SOR III juga merencanakan berbagai program pendampingan lanjutan untuk memastikan implementasi dari hasil pelatihan ini berjalan dengan baik,” ujar Mohammad Makki.

Dalam sesi pelatihan, para peserta diberikan kesempatan untuk mendapatkan pembekalan serta masukan untuk pengembangan produk UMKM masing-masing. Pelatihan ini dibawakan oleh Nuril R. Rasyid, pakar digital marketing dan packaging yang telah berkiprah selama 12 tahun di bidang ini. Nuril melihat bahwasannya dengan adanya kegiatan ini, menjadi peluang positif untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.

“Tidak ada bisnis yang terlalu kecil untuk meraih manfaat dari pemasaran digital. Dengan strategi yang tepat, UMKM dapat menjangkau pelanggan baru, meningkatkan penjualan, dan membangun merek yang kuat. Di era digital ini, pemanfaatan teknologi dan media sosial adalah kunci untuk bertahan dan berkembang,” ungkap Nuril dalam sesi pelatihan tersebut.

Baca Juga :  Rayakan HUT ke-25, Milenial PNM Berbagi Asa Bersama Siswa SLB Rawinala

Pelatihan ini dengan antusias diikuti oleh kelompok UMKM yang terintegrasi di Desa Kedungturi dan turut dihadiri oleh perwakilan BUMDes dan kelompok Karang Taruna Gentara Sakti. “Pelatihan digital marketing dan packaging kali ini alhamdulillah bisa menambah ilmu dan membuka pikiran dalam perbaikan pola jualan dan membuat kemasan yang menarik demi peningkatan penjualan ke depan,” ucap Rachmad, salah satu penggiat UMKM di Desa Kedungturi. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.