Tingkatkan Sektor Pariwisata, Pelindo Sub Regional Jawa Siap Terima Kembali Kunjungan Kapal Pesiar 2023

oleh -573 Dilihat

Foto : Kapal pesiar yang sandar di wilayah Pelindo Sub Regional Jawa

 

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dalam dua tahun belakangan ini membuat kondisi pariwisata sempat terancam mengingat adanya peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat penurunan drastis terhadap sektor pariwisata di Indonesia.

Namun setelah dicabutnya aturan tersebut kini turis asing juga sudah mulai mengunjungi berbagai tempat dan daerah di Indonesia. Melihat hal tersebut Pelindo Sub Regional Jawa melakukan banyak persiapan untuk menyambut kedatangan berbagai turis mancanegara dengan kapal pesiar yang pada tahun 2023 ini banyak dijadwalkan sandar.

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian mengatakan, untuk saat ini sudah ada sebanyak lebih kurang 15 kapal pesiar yang dijadwalkan sandar di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 2023. Kapal pesiar yang akan datang pertama kali adalah Seven Seas Explorer pada tanggal 15 Februari 2023 nanti dan akan disusul oleh MS Westerdam yang akan bersandar pada tanggal 23 Februari 2023.

“Sementara ini mereka akan datang bergantian mulai Februari, April, Juni, November, dan Desember. Kemudian pada 2024 juga untuk saat ini sudah ada 12 kapal pesiar yang membooking slot untuk bersandar di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak,” tuturnya pada keterangan resminya. Kamis, (26/1/2023).

Untuk menyambut kedatangan kapal pesiar ini Pelindo melakukan berbagai persiapan diantaranya merenovasi gedung, meningkatkan kelengkapan fasilitas pelabuhan, perbaikan fisik dermaga, serta menata arus keluar masuk kendaraan barang di Pelabuhan.

Selain itu, Pelindo Sub Regional Jawa juga akan menyediakan sarana dan prasarana bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) untuk dapat membuka stand UMKM yang nantinya akan disediakan didalam Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Baca Juga :  SIG Sukses Uji Coba Aplikasi Beton Cepat Kering di Jalan Raya Karangawen Semarang-Godong

Sehingga para turis dapat berbelanja berbagai oleh-oleh khas Surabaya maupun Jawa Timur lainnya seperti makanan atau cemilan khas Indonesia, berbagai aksesoris, aneka jenis batik dan masih banyak lagi. Diharapkan melalui kunjungan kapal pesiar ini juga dapat menaikan pendapatan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Dhany juga menambahkan bahwa, pihak Pelindo Sub Regional Jawa sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk menyediakan fasilitas hiburan seperti Reog Ponorogo, Jaranan, Tarian Daerah, Cak & Ning. Hiburan lainnya seperti Live Music, maskot Suro & Boyo juga disediakan pihak Pelindo Sub Regional Jawa untuk memanjakan dan menyambut para turis yang datang.

Selain itu, Pelindo juga bekerjasama dengan perusahaan Transportasi Online seperti Grab dan Agen wisata Cruise yang menyediakan berbagai pilihan armada perjalanan berupa bus yang siap membawa para turis berkeliling kota Surabaya dengan berbagai tujuan wisata di Jawa Timur. (ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.