Tim PKM FEB Unesa Latih Kemampuan Manajerial dan Efisiensi Produksi pada UKM di Pasuruan

oleh -440 Dilihat

Foto : Giat Tim PKM FEB Unesa pada UKM di desa Sumberrejo, Kab. Pasuruan

 

KILASJATIM.COM, PASURUAN: Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) di Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Manajemen FEB Unesa. Kegiatan yang diketuai oleh Andre Dwijanto Witjaksono ini bertempat di rumah produksi kopi Kutjur.

Menurut Andre, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan manajerial pelaku UKM dan membangun kerjasama antar UKM. Sehingga diharapkan UKM dapat cepat mengambil peluang dan keputusan yang tepat dalam mengembangkan usaha ke depan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan iklim pembelajar dan berbagi pengetahuan antar kelompok UKM untuk membangun brand lokal yang kuat dalam persaingan usaha.

Kegiatan pelatihan ini dimulai (06-07/8/2022) oleh pemaparan tentang manajemen pengelolaan UKM oleh Prof Dewie Tri Wijayati Wardoyo yang juga merupakan salah satu anggota tim PKM.

Ada empat fokus area yang ditekankan oleh Prof Dewie untuk meningkatkan kemampuan manajerial UKM yaitu pemasaran, operasional, keuangan, dan sumber daya manusia. Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, pelaku UKM harus pandai memanfaatkan peluang menyasar digital marketing.

“Jadi meskipun usaha yang ditekuni dikelola oleh Ibu-ibu, tetap juga harus melek teknologi, jangan sampai kalah dengan yang muda,” ucapnya pada keterangan tertulisnya. Jumat, (30/9/2022).

Ketua kelompok UKM desa Sumberrejo yang merupakan pengusaha minuman Sari Kedelai Sari Nan De, Salim mengatakan bahwa. sangat mendukung pelatihan ini dalam mengembangkan ketahanan UKM apalagi setelah pandemi Covid-19.

Unesa melalui tim PKM jurusan manajemen memiliki kepedulian untuk memberikan wawasan digitalisasi dan pengelolaan keuangan kepada kelompok UKM yang berasal dari desa untuk membantu mengembangkan produk dan bisnis.

“Semoga kerjasama antara kelompok UKM dan tim PKM Unesa ini dapat berkolaborasi dan sinergi untuk memajukan dunia usaha dan perekonomian masyarakat,” harap Salim.

Pada sesi selanjutnya, kelompok UKM ini memperoleh beberapa materi tambahan untuk meningkatkan keterampilan usaha dan efisiensi produksi, seperti digital marketing, membuat laporan keuangan dan supply chain management, yang disampaikan oleh anggota Tim PKM lainnya yaitu Dwiarko Nugrohoseno, Budiono, Trias Madanika Kusumaningrum, dan Khoirur Rozaq.

Tujuan penyampaian materi ini adalah untuk menambah wawasan dan keterampilan manajerial khususnya membuat akun untuk digital marketing, copywriting dan marketplace serta membuat laporan keuangan yang sederhana dan efektif.

Sehingga pelaku UKM bisa meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan produk unggulan masing-masing dan membangun brand marketing yang unik.

Acara pengabdian kepada masyarakat ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama antara tim pkm dengan peserta pelatihan dari kelompok usaha kecil menengah di desa Sumberrejo kecamatan Purwosari. Peserta mengaku senang dengan pelatihan ini karena selain mendapatkan materi yang bermanfaat, pemateri sangat ramah dan membuat suasana menjadi menyenangkan. kj4