Terima Kunjungan Bupati Mempawah, TTL Kenalkan Konsep Greenport

oleh -21 Dilihat
istimewa

Surabaya, Kilasjatim: Bupati Mempawah, Erlina melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur dengan beberapa agenda. Salah satu agendanya adalah ke Terminal Teluk Lamong (TTL) yang dikenal sebagai The First Green Port in Indonesia. Beberapa fasilitas yang digunakan di pelabuhan ini, seperti Ship To Shore (STS) Crane, Grab Ship Unloader (GSU), Conveyor, dan Automated Stacking Crane (ASC) menggunakan energi listrik sebagai tenaga penggerak dan terbukti efektif menurunkan emisi carbon yang dihasilkan oleh proses bongkar muat.

TTL merupakan pelabuhan yang menjadi pioneer penerapan greenport, di Indonesia hingga mendapatkan pengakuan dari Kementerian Koordinator Maritime dan Investasi (Kemenkomarvest) pada Tahun 2019 dengan nilai pemenuhan 81,18% dari target pemerintah yang hanya 30% – 40% pada tahun tersebut. Seperti apakah konsep greenport yang diterapkan di TTL? Direktur SDM, Keuangan, dan Umum PT Terminal Teluk Lamong, Wahyu Widodo menjelaskan bahwa TTL menerapkan greenport melalui kebijakan manajemen energi, manajemen kualitas udara, pengolahan limbah, konservasi air dan tanah hingga program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan.

“TTL telah mendapatkan pengakuan sebagai pelabuhan dengan penerapan greenport terbaik di Indonesia, hal ini memotivasi kami untuk terus berinovasi guna mendukung perwujudan green logistic kedepannya,” Jelas Wahyu Widodo, Kamis, 2/6/2022.

Dalam kunjungan tersebut. Erlina menegaskan bahwa pelabuhan TTL sudah sangat maju dengan kecanggihan teknologi dan konsep greenport-nya.

“Kami akan membawa konsep yang telah kami pelajari dari Terminal Teluk Lamong ini untuk diimplementasikan di pelabuhan Kijing yang nantinya akan menjadi pelabuhan internasional di Kabupaten Mempawah” ujar Erlina dalam keterangannya saat melakukan kunjungan lapangan ke TTL.

Menambahkan keterangan sebelumnya, Erlina memastikan bahwa Pemerintah Daerah Mempawah akan mendukung pengoperasian pelabuhan Kijing.

“Kami mendukung pengoperasian pelabuhan Kijing karena kami yakin keberadaan pelabuhan akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” ujarnya.

Dia juga berharap pelabuhan Kijing dapat mengimplementasikan konsep greenport yang ada di TTL sebagai bentuk pedulian terhadap lingkungan dan business sustainability. (KJ2)

No More Posts Available.

No more pages to load.