Telkomsel Wujudkan Smart City di Pemkab Lamongan

oleh SebarTweet

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (kiri) berbincang dengan Vice President Area Account Management Telkomsel Yogi Rizkian Bahar (tengah) dan GM Enterprise Account Management Eas Area Anka Prasetya Djatmika (kanan) saat penandatanganan kerja sama Smart City di Kantor Bupati Lamongan, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (16/3/2022). 

KILASJATIM.COM, Lamongan – Telkomsel dan Pemkab Lamongan melakukan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Smart City di Kantor Bupati Lamongan, Rabu (16/3/2022). Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama dilakukan oleh Bupati Lamongan,  Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA, dan Vice President Area Account Management Telkomsel, Yogi Rizkian Bahar

Bupati Lamongan, Dr.H.Yuhronur Efendi, MBA, menyampaikan, penandatangangan kesepakatan kerjasama Smart City ini merupakan satu hal yang baik. Pemkab Lamongan senang sekali bisa bekerjasama dengan Telkomsel.

“Kami tentu berharap aplikasinya bisa segera dilaksanakan karena ini merupakan solusi dari beberapa permasalahan yang kita hadapi seperti soal PJU, smart tax dimana masih ada beberapa yang nyanthol-nyanthol di beberapa tempat. Kalau sudah dilaksanakan secara elektronik, dengan  teknologi informasi, tentu tidak bisa terjadi lagi. Termasuk solusi 99% Usahaku, saya yakin  jumlah lebih dari 100 ribu UMKM di Lamongan akan bisa lebih terangkat lagi,” ujar
Dr.H.Yuhronur Efendi, MBA dalam sambutannya di acara penandatanganan kerjasama Rabu (16/03/2022).

Vice President Area Account Management Telkomsel, Yogi Rizkian Bahar mengatakan, digitalisasi layanan publik memang pilar utama bagi sebuah Kota Pintar. Melalui penandatanganan kesepakatan Kerjasama Smart City ini, Pemkab Lamongan bisa menyempurnakan sekaligus memaksimalkan penerapan digitalisasi layanan publik.

“Dalam kerjasama ini, Telkomsel menyediakan smart solution Penerangan Jalan Umum (PJU). Dengan solusi ini, biaya operasional pengaturan PJU menjadi lebih efisien dan bisa melakukan optimalisasi penggunaan lampu PJU untuk Smart City, ” tegasnya.

Telkomsel juga menyediakan smart tax system untuk transaksi pembayaran pajak. Dengan adanya solusi tersebut, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Lamongan karena seluruhnya dilakukan secara digital, transparan dan akurat.

“ Telkomsel juga ikut mendukung pengembangan UMKM di Lamongan lewat pemanfaatan aplikasi 99% Usahaku. Dengan aplikasi ini, UMKM akan mendapatkan pengetahuan dan proses bisnis melalui edukasi digital serta fasilitas ke akses pasar yang lebih luas,”ungkapnya.

Pemerintah Kota/Kabupaten harus berpacu dengan waktu dalam menerapkan Kota Pintar. Jika terlambat, pembangunan ekonomi juga akan terhambat dan kesejahteraan masyarakat tentunya sulit dicapai sesuai harapan.

Yogi menambahkan dengan dukungan yang diberikan Telkomsel, Pemkab Lamongan bisa mengakselerasi pengembangan Smart City secara maksimal dan terintegrasi. Digitalisasi layanan publik juga bisa segera dinikmati masyarakat.

Hingga saat ini, Telkomsel  telah membantu mewujudkan Smart City di banyak kota dan kabupaten. Diharapkan sampai akhir 2020, Telkomsel bisa membantu mewujudkan Smart City lainnya. (kj2)