Target Kursi DPRD Jatim, Ketua PDIP Jatim : Kita Optimis Dapat 20 Kursi

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: DPD PDIP Jatim menargetkan meraih jumlah kursi DPRD Jatim pada Pileg 2019 sebanyak 20 kursi.

“Melihat perkembangan terakhir Pilkada Jatim 2018, kami optimis target 20 persen kursi DPRD Jatim bakal terealisasi,” kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi kepada wartawan usai mendaftarkan Bacalegnya ke Kantor KPU Jatim, Selasa (17/7/2018).

Didampingi sekretaris DPD PDIP, Sri Untari, Kusnadi menjelaskan jumlah bacaleg DPRD Jatim yang didaftar sebanyak 120 orang atau 100 persen dari kursi yang ada. Dari 120 orang bacaleg, 30 persen lebih adalah bacaleg perempuan.

“Kuota keterwakilan perempuan, sudah melebihi 30 persen. Bahkan hampir 50 persen dari caleg DPRD Jatim merupakan wajah-wajah baru. Partai khan butuh regenerasi, apalagi saya juga sudah tua jadi biar diteruskan oleh yang muda-muda,” ujarnya.

Pihaknya optimis target 20 persen kursi DPRD Jatim bakal terealisasi. Sebab, dari 9 jutaan perolehan suara pasangan Gus Ipul-Puti di Pilkada Jatim lalu separohnya lebih merupakan suara PDI Perjuangan.

“Tahun 2014 lalu suara PDI Perjuangan Jatim kisaran 3 juta, kalau tahun 2019 bisa naik 4,5 sampai 5 juta, saya optimis target 20 persen terpenuhi,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Di singgung soal “Jokowi Effect” dengan perolehan suara PDIP di Jatim, Kusnadi menyebut agenda politik ini ibarat lari marathon hingga finisnya tahun 2019 mendatang. Saat ini baru 40 persen berjalan hingga perjuangan tidak boleh surut, kerena bisa tenggelam dan kalah.

“Kita tak boleh berandai-andai ada Jokowi effect atau tidak. Yang penting itu bekerja dan bekerja. Sebab, Jokowi effect itu bisa bersifat positif dan negatif, karena kita percaya PDIP effect juga ada sehingga harus berpikir kedua sisi tidak hanya mengandalkan satu sisi saja,” katanya.

Hingga Selasa (17/7/2018) petang, jumlah parpol yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke KPU Jatim baru delapan parpol. Yakni Partai NasDem, Perindo, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, PDIP dan Hanura.

“Hingga malam ini baru delapan parpol yang sudah mendaftarkan Bacaleg ke KPU Jatim. Pendaftaran di hari terakhir ditunggu sampai pukul 24.00 Wib. Kendati demikian jika ada Laison Organizer (LO) yang ditunjuk parpol sudah untuk mendaftar untuk hadir maka KPU Jatim akan menunggu hingga pagi,” jelasnya. Kj4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *